Ragam

Buku Trailing the Taste of Gorontalo Dapat Penghargaan Gourmand World Cookbook Award 2016

Oleh Atto Kuat pada hari Rabu, 01 Jun 2016 - 06:59:40 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

69GORONTALO.jpg

Buku Trailing the Taste of Gorontalo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Buku "Trailing the Taste of Gorontalo" yang diterbitkan oleh Omar Niode Foundation meraih penghargaan Best in the World--Gourmand World Cookbook Award 2016 untuk kategori Asian Cuisine from Asian Books.

Ketua Omar Niode Foundation yang juga merupakan Ambassador dari World Food Travel Association di Indonesia Amanda Katili Niode mengatakan sebuah kebanggaan karena dengan penghargaan ini karena wisata kuliner Gorontalo dihargai di tingkat dunia.

"Gorontalo adalah daerah yang memiliki pemandangan alam yang permai dengan ragam kuliner yang segar dan legit, namun belum menjadi destinasi wisata kuliner yang populer," katanya di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Buku ini, menurut dia, merupakan contoh kolaborasi ideal antara berbagai pihak untuk mengangkat Kuliner Gorontalo agar dikenal di mancanegara, Sebagai sebuah lembaga nirlaba yang terus meningkatkan kepedulian masyarakat dalam bidang pertanian, pangan dan kuliner, pihaknya berharap dapat terus menjalin sinergi dengan berbagai pihak guna terus melacak dan menelaah kuliner Gorontalo serta manfaatnya bagi komunitas lokal.

Trailing the Taste of Gorontalo adalah sebuah buku kecil berbahasa Inggris yang berisi kumpulan tulisan dan rangkaian potret wisata kuliner di Provinsi Gorontalo.

Bermula dari catatan pengalaman 16 orang yang mengikuti perjalanan Kelana Rasa Gorontalo yang dipandu Arie Parikesit, buku ini berkembang dengan tambahan tulisan dari mereka yang bermukim di Provinsi Gorontalo dan paling paham tentang kelezatan kuliner maupun keindahan daerahnya serta tidak pernah bosan melakukan fasilitasi dalam menimba pengetahuan tentang rasa Gorontalo.

Sebanyak 24 tulisan yang ada, 57 buah foto, sembilan buah resep masakan, dan 10 testimoni dari tokoh pariwisata dan kuliner, antara lain Chef William Wongsol, Alessandra Khadijah Usman, Putri Indonesia Pariwisata 2010, serta Elena Aniere dari Slow Food International, menjadi rujukan bagi mereka yang tergerak untuk berpetualang rasa di Gorontalo.

Tulisan-tulisan dalam buku tersebut mencakup antara lain makanan tradisional Gorontalo, surga selam di Teluk Tomini, Pulau Saronde yang menakjubkan, serba-serbi pasar tradisional Gorontalo, blusukan di pasar ikan, mencoba "street food", menara "Eiffel" di Gorontalo, manisnya jagung lokal milu pulo, kopi Pinogu kegemaran Ratu Belanda Wilhelmina, melestarikan makanan Gorontalo dan memori kuliner Gorontalo.

Direktur Eksekutif World Food Travel Association Erik Wolf menyumbangkan dua tulisan tentang informasi mutakhir wisata kuliner di tingkat global yang dapat menjadi rujukan bagi pengembangan wisata kuliner di Indonesia pada umumnya dan Gorontalo pada khususnya.

Panitia penyelenggaa Gourmand World Cookbook Awards 2016 mengatakan ada 209 negara bersaing dalam 92 kategori yang meliputi buku masak dan budaya pangan, serta 29 kategori untuk wine dan minuman.

Sebelumnya buku Trailing the Taste of Gorontalo menjadi finalis di kategori Asian Cuisine from Asian Books, bersaing dengan buku-buku dari Iran, Malaysia, Maladewa, Singapura dan Thailand. Buku ini juga menjadi finalis pada kategori Best Charity and Fund Raising Cookbook in Asia bersama buku-buku dari Kamboja, Lebanon, Malaysia, dan Singapura. (icl)

tag: #  

Bagikan Berita ini :