Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Jumat, 19 Des 2014 - 11:24:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi V DPR Dorong Pemerintah Perbarui Armada Kapal Laut

96Kapal laut.jpg
Pelabuhan Pontianak (Sumber foto : indonesiaport.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Pencanangan gagasan poros maritim dan pembangunan tol laut oleh pemerintah bertujuan mempermudah akses antar pelabuhan di bidang kelautan nasional. Hanya saja, infrastruktur kelautan nasional masih mengandalkan kapal-kapal tua dan tidak layak.

"Karena itu kami di komisi V akan berusaha membantu pemerintah untuk mendorong terciptanya regulasi baru supaya dilakukan pembaruan armada yang mengandalkan kapal buatan nasional yang bagus-bagus," kata anggota Komisi V Fraksi Hanura Fauzih Amro di Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Fauzih mengapresiasi positif poros maritim dan pembangunan tol laut oleh pemerintah. Menurutnya, program yang dijanjikan Presiden Jokowi tersebut memiliki nilai strategis bagi kemajuan industri kelautan nasional. "Program tersebut dapat mempermudah akses antar pelabuahan di negara kita," ucapnya.

Selain itu, ujar dia, juga dapat menekan biaya pendistribusian barang mengingat mayoritas masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan jasa angkut transportasi laut. "Sehingga program tersebut dapat menjadi pendukung pemberdayaan bagi rakyat Indonesia," tuturnya.

Sebelumnya, pakar maritim Chandra Motik Yusuf mengatakan bisnis angkutan laut di Indonesia diprediksi mencapai Rp54 triliun per tahun. Sayangnya bisnis itu masih dikuasai kapal asing. "Sementara kapal-kapal Indonesia baru mampu sekitar 10% saja. Jadi masih sangat jauh dari harapan," katanya dalam diskusi "Menyingkap Kepentingan Asing Pada Proyek Tol Laut" di Jakarta, Rabu (17/12/2014) lalu.(yn)

tag: #Poros maritim  #Presiden Jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...