Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 26 Des 2014 - 16:14:22 WIB
Bagikan Berita ini :
Ribuan Orang Hadiri 10 Tahun Tsunami di Aceh

Krisna Mukti Bilang Masyarakat Perlu Pendidikan Kebencanaan

23Krisna Mukti.jpg
Krisna Mukti, Politisi PKB (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gempa dan Tsunami di Aceh sudah berlangsung sepuluh tahun yang lalu. Namun masyarakat masih sangat perlu diberi pengetahuan dan pendidikan kebencanaan. Tujuan agar sigap saat benar-benar terjadi bencana lagi.

Menurut Krisna Mukti, anggota Fraksi PKB DPR RI, pengetahuan dan pendidikan mengenai gempa maupun tsunami juga bertujuan agar masyarakat mengenali dan memahami peristiwa alam yang menimbulkan bencana berdasarkan ilmu pengetahuan. Atau ilmiah.

"Kesadaran masyarakat akan ilmu pengetahuan tentang gempa dan tsunami harus ada. Sehingga mereka akan menjadi siap dan siaga saat tanda-tanda bencana itu muncul kapan saja," kata Krisna saat dihubungi TeropongSenayan, Jakarta, Jumat (26/12/14).

Ilmu pengetahuan bahwa Indonesia tempat bertemunya tiga lempeng benua sehingga rawan terjadi gempa. Selain itu juga membuat terjadinya ring of fire (cincin gunung api) sepanjang Sumatera-Jawa-Bali-NTB-NTT-Maluku. Semua itu perlu dipahami masyarakat.

Krisna yang mengaku sempat mengikuti Kunjungan Kerja ke Serambi Mekkah itu mengungkapkan pendidikan kebencanaan itu sangat dibutuhkan masyarakat. "Kalau masyarakat sudah paham akan bencana alam dengan mengenali tanda-tandanya, ketika bencana datang bisa meminimalisir akibat bencana tersebut," ujarnya.

Di Aceh, hari ini diselenggarakan peringatan 10 tahun Tsunami. Sejak kemarin petang Wapres Jusuf Kalla sudah berada di Banda Aceh untuk menghadiri acara ini. Selain itu ada skeitar 35 perwakilan negara sahabat yang juga hadir.

Acara yang antara lain diisi dengan dzikir dan doa untuk para korban bencana Tsunami di pusatkan di mesjid raya Banda Aceh. Ribuan orang mengenakan baju putih menyemut di tempat acara berdoa dengan khusyu.(ris)

tag: #Tsunami  #Krisna Mukti  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 03 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan ...
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...