Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Selasa, 26 Jul 2016 - 09:36:44 WIB
Bagikan Berita ini :

BNI Salurkan Rp77,2 T Kredit Infrastruktur

71proyek-infrastruktur.jpg
jalan layan, salah satu proyek infrastruktur andalan (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)BNI (PT Bank Negara Indonesia, persero, tbk) berhasil mendominasi pembiayaan proyek infrastruktur pemerintah. Hingga per 30 Juni 2016, BNI berhasil menyalurkan kredit infrastruktur sebesar Rp 77,2 triliun atau sekitar 28% dari total pembiayaan business banking.

“Kami memposisikan diri sebagai bank yang tidak hanya meraup keuntungan melainkan juga untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung program-program pemerintah yang mengutamakan kepentingan publik,” kata Corporate Secretary BNI Kiryanto.

Kredit lainnya yang dikucurkan BNI adalah kredit yang mendapat penjaminan pemerintyah, yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR). BNI mencatatkan pertumbuhan signifikan pada penyaluran KUR. Hingga akhir Kuartal II 2016 meningkat Rp 7,3 triliun atau tumbuh 331% dibandingkan periode yang sama tahun 2015.

Kiryanto menjelaskan, selaras dengan tema HUT ke-70 BNI: Sinergi Kembangkan Negeri, BNI memastikan kerja sama dengan badan-badan usaha milik usaha terus berjalan. Oleh karena itu, pada akhir Semester I 2016, BNI mencatatkan peningkatan kredit pada BUMN 28,6% YOY menjadi Rp 65,02 triliun.

“Untuk itu, BNI menegaskan posisinya untuk tetap menjadi bank yang mendukung sepenuhnya upaya penguatan kemandirian ekonomi, sejalan dengan salah satu program Nawacita Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yaitu berdaulat di bidang ekonomi,” tutur mantan ekonom senior BNI ini, di Jakarta (26/7/2016).

Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan cita-cita pembentukan BNI sebagai bank pertama milik negara setelah Kemerdekaan, yaitu menjadi tonggak kedaulatan ekonomi dan moneter Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)..

Debit Online

BNI sebagai bank yang sudah berusia 7 dekade, juga berupaya membagi kebahagiaannya melalui berbagai program menarik di segmen konsumer melalui produk-produknya, antara BNI Debit Online. Promo-promo BNI Debit Online dapat diperoleh pada situs-situs yang mendukung transaksi digital seperti Banyuwangi-mall.com, Sleman-Mall.com, Bhinneka.com, Dinomarket.com, lazada.com, Saqina.co.id, Nusatrip.com, Lakupon.com, Fabelio.com, Berrybenka.com, Hijabenka.com, dan Sepulsa.com.

Kegiatan CSR

BNI menetapkan beragam Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). PKBL BNI ini ditujukan untuk berbagi kebahagiaan dan rasa syukur BNI dengan berbagai elemen masyarakat yang kurang beruntung atau tinggal di daerah yang tertinggal. Program itu sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah dalam kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, serta dalam mewujudkan misi BNI ke 4 yaitu meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab kepada lingkungan dan komunitas.

Dijelaskan, program tersebut adalah untuk membantu para Pahlawan Devisa atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Perhatian BNI antara lain dengan memperluas layanan perbankan yang paling diperlukan oleh para TKI, seperti pembukaan kantor cabang khusus remitansi di Singapura yaitu di BNI City Plaza Remittance Center pada tanggal 17 Februari 2016 lalu. BNI juga membantu pemerintah untuk merealisasikan pemulangan TKI dari Kuala Lumpur yang merupakan salah satu bagian dari HUT BNI. Terdapat sekitar 70 TKI yang akan dipulangkan ke tanah air.

Sebagai bentuk perhatian kepada keluarga TKI di tanah air, BNI juga menggelar program Pasar Murah di beberapa desa asal TKI. Pihak yang berhak memperoleh paket-paket hemat tersebut adalah keluarga TKI yang mendapat kiriman uang dari TKI di luar negeri, para debitur KUR Mikro, para nasabah TabunganKu, serta para nasabah Laku Pandai. Event tahunan yang digelar BNI sejak tahun 2010 ini juga digelar sebagai apresiasi atas loyalitas nasabah pengguna produk BNI Smart Remittance. (b)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement