Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 27 Des 2014 - 23:53:29 WIB
Bagikan Berita ini :
Petani Sudah Menjerit

Setop Impor Garam

32Petani Garam Madura-kkp.jpg
Petani garam di Madura, menderita didera garam impor (Sumber foto : www.kkp.go.id)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Fraksi Partai Golkar DPR Zainuddin Amali mengingatkan pemerintah agar menyetop impor garam. Sebab, produksi garam lokal cukup melimpah. Apalagi, bukankah Indonesia adalah salah satu negara pantai terbesar di dunia, masak garam masih impor.

"Ini kan tidak benar masa di negara kita yang luas pantainya paling luas dari negara-negara lain, masa kita impor garam," kata Zaenuddin kepada TeropongSenayan, Sabtu (27/12/2014). Harusnya, pemerintah memperhatikan kalangan petani garam. Pasalnya harga paska panen selalu turun, petani selalu merugi karena hasil yang didapatkan kurang dari biaya tanam.

Menurut Zainuddin, yang belum lama ini mengadkan kunjungan kerja ke pulau Madura, petani garam pun semakin termarginalkan karena kalah dengan impor padahal persedian garan petani Indonesia sudah cukup. Karena itu, kata dia, harus ada kebijakan di tingkat nasional untuk memprioritaskan penyerapan garam hasil petani dalam negeri dan pilihan untuk impor jika kebutuhan dalam negeri sudah tidak tercukupi oleh pasokan garam petani.

Selain itu, dia juga mendesak agar pemerintah secepatnya mewujudkan swasembada pangan, khususnya beras. "Kita itu pernah swasembada beras, masa sekarang kita tidak bisa, ini karena perhatian pada petani kurang," cetus Zainuddin.

Menurutnya, Indonesia bisa swasembada beras karena petani menerima bibit dan pupuk pada waktu yang mereka butuhkan. Saat itu, pengadaan benih sepenuhnya dikelola oleh pemerintah daerah, bukan pemerintah pusat. Dia menilai, pengadaan pupuk di pemerintah pusat sangat rawan penyimpangan, sehingga target swasembada beras pun sulit tercapai. (b)

tag: #petani gram madura setop garam impor  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Cak Imin Harap Pilkada 2024 Tak Terjadi Manipulasi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 06 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap pilkada 2024 berjalan objektif. Hal itu diutarakan Cak Imin dalam acara "Pembekalan Bacakada" di Vasa Hotel ...
Berita

Kolaborasi GPMB dan Amway Memberikan Edukasi Kesehatan untuk Generasi Muda dan Kalangan Pendidik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Gerakan Pembudayaan Minat Baca (GPMB), organisasi sosial mitra Perpustakaan Nasional RI, berkolaborasi dengan Amway dan Amway Care Foundation, menyelenggarakan ...