Berita
Oleh Aris Eko pada hari Sabtu, 03 Jan 2015 - 23:54:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Nah, Singapura Bilang Air Asia Punya Ijin Terbang Hari Minggu

41Air Asia.jpg
Pesawat Air Asia (Sumber foto : airbus.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pihak Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (The Civil Aviation Authority of Singapore-CAAS) membantah pesawat QZ8501 tidak memiliki ijin terbang Surabaya-Singapura pada hari Minggu (28/12/2014). Ijin itu telah dikantongi maskapai PT Indonesia Air Asia.

"PT Indonesia Air Asia telah mendapat ijin rute penerbangan harian Surabaya-Singapura dari 26 Oktober 2014 hingga 28 Maret 2015. Tiba di Bandara Changi pada 08:30 dan berangkat ke Surabaya pada 2.10," ujar Satwinder Kaur, Assistant Director (Corporate Communications) CAAS, Sabtu (3/1/2015) di Singapura.

Menurut Kaur, ijin itu dikantongi Air Asia karena telah mendapat hak penggunaan rute lalulintas udara yang disetujui oleh kedua negara berdasarkan Air Service Agreement (ASA) serta slot yang tersedia di Bandara Changi, Singapura. Maskapai ini mendapat ijin operasi penerbangan empat kali seminggu pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu .

"Maskapai dapat menyesuaikan frekuensi penerbangan mereka dalam musim perjalanan atau penerbangan dalam menanggapi permintaan pasar atau persyaratan operasional," papar Kaur yang memberikan keterangan melalui laman http://www.caas.gov.sg/ terkait ramainya pemberitaan pembekuan sementara ijin Air Asia oleh Kemenhub RI.

Kaur menjelaskan bahwa sebelum sebuah maskapai bisa melayani rute penerbangan, perlu mendapatkan persetujuan jadwal penerbangannya dari otoritas penerbangan sipil masing-masing negara. Selain itu juga mempertimbangkan ketersediaan rute penerbangan dan slot pemberangkatan dan pendaratan pada bandara rute penerbangan tersebut.

Penjelasan Kaur diberikan sehubungan dengan pembekuan sementara ijin penerbangan rute Surabaya-Singapura PT Indonesia Air Asia oleh Ditjen Hubud, Kemenhub hari Jumat (2/1/2015). Menurut versi Ditjen Hubud, ijin yang diberikan oleh PT Indonesia Air Asia hanya untuk hari Senin, Rabu dan Jumat. (ris)

tag: #Air Asia  #CAAS ijin terbang surabaya singapura  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...