Berita
Oleh Faisal pada hari Minggu, 04 Sep 2016 - 20:04:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Tak Digusur, Kampung Pinggir Kali di Kota Malang Malah Jadi Tujuan Wisata

88kampung.jpg
Kampung warna warni di Kota Malang (Sumber foto : Istimewa)

MALANG (TEROPONGSENAYAN) - Jika di Jakarta kampung di pinggiran sungai kerap kali menjadi sasaran untuk digusur. Maka, hal yang berbeda terjadi di kampung warna warni di Keluhrahan Jodipan, Kota Malang.

Kampung di pinggiran sungai Brantas ini resmi dijadikan sebagai ikon wisata baru bernama kampung warna warni. Di kampung Jodipan ini, rumah-rumah menyerupai Santorini di Brasil.

Kampung warna-warni adalah kampung yang digagas delapan mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diketuai Nabila Firdausiyah. Sekelompok mahasiswa ini menggandeng program corporate social responsibilities perusahaan cat untuk mewujudkan kampung warna-warni.

Wali Kota Malang Mochammad Anton mengatakan terobosan dan solusi dari implementasi kreativitas seperti di Kampung Jodipan memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi warga.

"Kreativitas ini juga membawa tren positif bagi manajemen pengelolaan kota kreatif, sehingga dapat mengakselerasi pencapaian pembangunan berkelanjutan," kata Anton, di Malang, Minggu (4/9/2016).

Menurutnya pengembangan berbasis pada potensi lokal mendongkrak keunggulan dan identitas dasar daya saing daerah. Anton berjanji Pemkot Malang akan membantu pengembangan kampung ini dengan memberi alokasi dana.

Kepala Badan Perencanaan Daerah Kota Malang, Wasto, meminta kepada Camat dan Lurah untuk menghindari pungutan kepada para pengunjung Kampung Warna-Warni.

"Warga setempat akan kita beri diklat agar warga bisa berkarya dan memperoleh penghasilan tanpa harus memungut biaya pengunjung," katanya. (icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...