Berita
Oleh Mandra Pradipta & Sahlan Ake pada hari Senin, 05 Jan 2015 - 20:16:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Fadli Zon: Kemenhub Jangan Cari Kambing Hitam

45Kemenhub-indra.jpg
Gedung Kementerian Perhubungan (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan )
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon sangat menyayangkan sikap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang saat ini terkesan mencari kambing hitam atas penyebab terjadinya musibah kecelakaan pesawat Air Asia QZ 8501 dengan rute penerbangan Surabaya-Singapura.

"Kemenhub tak bisa salahkan maskapainya saja dong, harusnya mereka intropeksi juga. Kemenhub harus bisa prioritaskan apa yang harus dilakukan, jangan justru menimbulkan polemik baru yang tidak produktif," kata Fadli Zon di gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Senin (5/1/2015).

Lebih lanjut Fadli menyarankan agar saat ini semua bisa fokus pada proses evakuasi para korban dan bangkai pesawat yang hingga detik ini belum ditemukan, ketimbang harus menyalahkan. "Kita lebih baik konsentrasi evakuasi korban. Kalo sekarang saling menyalahkan, kasihan keluarga korban yang saat ini menunggu keluarganya untuk bisa ditemukan," ujarnya.

Atas kasus ini, Komisi V berencana memanggi beberapa pihak terkait kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501 yang menelan banyak korban jiwa, seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan SAR Nasional (Basarnas), KNKT dan AirNav. "Kita pengen mendapatkan informasi seputar kecelakaan yang terjadi yang merenggut jiwa yang sangat banyak ini," kata Wakil Ketua Komisi V Yudi Widiana Adia, Senin.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu melanjutkan, banyak hal yang harus dijelaskan oleh pihak-pihak terkait tersebut kepada publik, seperti proses penanganan kecelakaan dan investasi atas penyebab jatuhnya pesawat jenis Air Bus tersebut. "Awalnya kita hanya melihat sebuah kecelakaan dan kemudian yang dilihat adalah sebuah proses pencarian, pertolongan dan sebab kecelakaan. Beberapa waktu kemudian diketahui ada penerbangan ilegal, ada sistem dan sisi keamanan yang patut publik tahu," tutur Yudi.

Jika hasil pemanggilan tidak memuaskan pihak parlemen, maka akan dibuat Panitia Kerja (Panja) untuk mendalami kasus ini, "Tidak menutup kemungkinan buat Panja," tandasnya. (b)

tag: #Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Fadli Zon kambing hitam kasus AirAsia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Selain Harapannya Tipis, Politikus PDIP Ini Sebut Anies dan Ahok Cocoknya Berduel Bukan Duet

Oleh Fath
pada hari Minggu, 12 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Politikus PDIP Darmadi Durianto mengaku pesimis partainya bakal mengusung Anies Baswedan sebagai cagub DKI Jakarta. Apalagi menduetkannya dengan Ahok. "Pasnya duel ...
Berita

Bamsoet Dorong Peran Swasta Dalam Industri Pertahanan dan Keamanan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung kemajuan peran swasta dalam industri pertahanan dan keamanan nasional untuk menjadi mitra ...