KPK Cabut Status Cekal Aguan, Anggota Komisi III Kecewa
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 05 Okt 2016 - 14:30:53 WIB

Bagikan Berita ini :

47aguan.jpg
Sumber foto : Istimewa
Sugianto Kusuma alias Aguan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - KPK mencabut status cekal atau larangan bepergian ke luar negeri bos Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma alias Aguan. Anggota Komisi III DPR Muhammad Syafi'i mengaku kecewan terhadap langkah lembaga antirasuah tersebut.

"KPK ini patut diduga alat kepentingan dan kelompok tertentu. Karena apa, KPK seakan tidak ada inisiatif untuk menyelesaikan kasus-kasus besar. Padahal, tokoh, pakar dan elemen masyarakat sudah mendesak KPK untuk menuntaskan kasus seperti Century, BLBI, reklamasi Teluk Jakarta, dan Sumber Waras," kata Syafi'i kepada TeropongSenayan, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra ini menilai, KPK hanya berani menyelesaikan sejumlah kasus kecil saja. Padahal, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan Kejaksaan Agung telah memberikan sejumlah data atas dugaan adanya indikasi pelanggaran.

"KPK bergerak cepat kepada kasus-kasus kecil saja. Prestasi KPK itu ada, hanya karena operasi tangkap tangan (OTT). Kalo gitu RT/RW beri aja kewenangan penyadapan, saya kira nanti akan lebih objektif dari KPK," jelasnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencabut status cekal terhadap Sugianto Kusuma alias Aguan.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan pihaknya menganggap kesaksian yang diberikan Aguan dalam penyidikan dan di pengadilan sudah cukup. Hal itu pun menjadi pertimbangan KPK untuk tidak memperpanjang masa cegah Aguan bepergian ke luar negeri.(yn)

tag: #kpk  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING
Pembaca Teropong Senayan, Yth Perhelatan Pilkada Serentak 2018 sudah usai. Hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei telah terpublikasi secara masif. Dari publikasi ini, para pemilih pun mengerti menang atau kalahkah kandidat yang mereka pilih. Pada saat bersamaan, para kandidat capres/cawapres dan partai pendukung ditengarai juga mulai mengatur strategi menyikapi hasil pilkada. Tentu, strategi ini hendak menempatkan hasil pilkada sebagai acuan meraih kemenangan pada Pilpres 2019. Menurut Anda, siapa capres yang diuntungkan oleh hasil Pilkada 2018 :
  • Joko Widodo
  • Prabowo Subianto
  • Calon Alternatif Poros Ketiga
LIHAT HASIL POLING