Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 25 Okt 2016 - 17:44:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Megawati di Unesco Bicara Pentingnya Arsip Bagi Suatu Bangsa

42Mega.JPG
Megawati Soekarnoputri (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

PARIS (TEROPONGSENAYAN) - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri resmi membuka pameran arsip di markas UNESCO, Paris.

Dalam sambutannya, Megawati menekankan pentingnya arsip bagi suatu bangsa. Lewat arsip, kata dia, perjuangan para tokoh dunia untuk mewujudkan perdamaian bisa dilihat.

"Mereka (tokoh dunia) adalah contoh konkret bagaimana gerakan kolektif antar bangsa adalah sesuatu yang bukan hal mustahil dapat terjadi. Gerakan itu adalah gerakan politik kebudayaan yang menjadikan keberagaman suku, agama, kepercayaan, dan ras bukan sebagai sumber konflik, tetapi sebagai kekuatan," ujar Megawati melalui keterangan tertulisnya yang diterima TeropongSenayan, Selasa (25/10/2016).

Megawati mendorong setiap negara, termasuk Indonesia, untuk mengambil keputusan politik meratifikasi dua konvensi internasional yang sangat penting untuk penyelamatan arsip, yaitu Konvensi Den Haag 1954 (tentang proteksi kekayaan budaya dari perang dan konflik bersenjata) dan Konvensi Wina 1983 (tentang aturan arsip pasca kemerdekaan suatu negara).

"Saat ini dunia membutuhkan memori kolektif agar mampu bangkit bersama dalam menghadapi masalah global yang menjadi tanggung jawab bersama seluruh warga bangsa," tandas Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu.

"Para pemimpin dunia di masa kini, harus mengingat dan meyakini, serta memilih jalan yang dipilih oleh para pemimpin bangsa pelopor Gerakan Non Blok. Sebuah jalan kebudayaan dalam politik dengan keyakinan bahwa kekerasan tidak akan menghasilkan apapun, kekerasan hanya akan mendatangkan kehancuran bagi setiap bangsa, membawa hal yang lebih pahit bagi setiap manusia dan kemanusiaan," tambahnya.(yn)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...