Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 24 Nov 2016 - 09:31:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Tak Seperti Tragedi Perancis, Jokowi Belum Angkat Suara Soal Rohingya

3rohingya.jpg
Demo kecam pembunuhan etnis Rohingya (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota komisi I DPR RI Elnino H Mohi menganggap aneh terkait sikap presiden Jokowi yang hingga hari ini tak bersuara terkait aksi genosida yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap etnis muslim Rohingya.

Padahal, lanjut dia, Jokowi bersuara keras ketika ada aksi terorisme yang terjadi di benua biru Eropa beberapa waktu lalu.

"Jika Joko Widodo tidak memberi pernyataan soal pembantaian muslim Rohingya, maka rakyat akan menyimpannya dalam memori kolektif bangsa, sebagaimana kita semua mengingat bagaimana Pak Jokowi memberi pernyataan pembelaan terhadap korban bom di Perancis," sindir politisi Gerindra ini pada TeropongSenayan di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Seharusnya, lanjut dia, dalam menyikapi persoalan tersebut Jokowi mestinya tegas dengan memanggil pulang dubes RI di Myanmar sebagai bentuk protes keras atas pembantaian yang dilakukan Myanmar pada etnis muslim Rohingya.

"Presiden Jokowi tampaknya takut kepada junta militer Myanmar, sampai-sampai menarik Dubes RI di Myanmar pun tak bisa dia lakukan," sindir dia.

Tak hanya itu, kata dia, tak bereaksinya presiden Republik Indonesia Joko Widodo atas pembantaian yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap etnis muslim Rohingya sebagai bukti bahwa Indonesia sudah tidak lagi bertaring dikancah regional negara-negara Asia Tenggara.

"Di level ASEAN tampaknya Indonesia yang dulunya dikenal sebagai Macan Asia, kini telah menjadi ayam sayur," sindir dia. (icl)

tag: #jokowi  #partai-gerindra  #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement