Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 06 Des 2016 - 11:05:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi: Kurs Dollar bukan Lagi Tolak Ukur Lihat Perekonomian Indonesia

10JOKOWIII.jpg
Presiden Jokowi (Sumber foto : Biro Kepresidenan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo menilai kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat bukan lagi tolok ukur yang tepat untuk melihat kondisi perekonomian Indonesia.

"Menurut saya, itu bukan lagi tolok ukur ekonomi yang tepat," kata Jokowi dalam kata kunci Sarasehan 100 Ahli Ekonomi Indonesia, di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Menurut Jokowi, tolok ukur yang relevan adalah kurs rupiah dengan mata uang negara yang menjadi mitra dagang besar bagi Indonesia.

"Yang relevan adalah kurs rupiah dengan mata uang negara mitra dagang kita yang besar. Jepang, Tiongkok, dengan kurs dua negara itu," katanya.

Dia menyebutkan porsi nilai perdagangan Indonesia dengan AS hanya 10 persen sementara dengan Tiongkok 15,5 persen, Eropa 11,4 persen, Jepang 10,7 persen.

Jokowi menyebutkan, dengan Donald Trump terpilih sebagai presiden Amerika Serikat, praktis seluruh mata uang dunia melemah. "Bukan hanya rupiah, menurut saya rupiah malah relatif stabil," kata presiden yang sebelumnya berkiprah sebagai pengusaha furnitur itu.

Jokowi menyebutkan, saat kampanye terlihat Amerika Serikat akan jalan sendiri termasuk dengan mata uangnya.

"AS tidak peduli apa yang terjadi di negara lain. Mereka akan menerapkan kebijakan refraksi. Pertumbuhan ekonomi AS akan menguat lagi, artinya kurs rupiah tidak mencerminkan fundamental ekonomi Indonesia, melainkan mencerminkan kebijakan ekonomi AS yang jalan sendiri," katanya.

Ia meminta agar persepsi kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat tidak mendominasi sebagai tolok ukur ekonomi Indonesia.

"Kalau mengukur ekonomi Indonesia dengan dolar Amerika Serikat, kita akan keliru, padahal ekonomi kita baik-baik saja," katanya. (Antara/icl)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...