Bisnis
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 13 Des 2016 - 13:07:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Ulang Tahun, Pertamina Serahkan Bantuan Pengolahan Sampah Pantai Kampung Bugis

85DirkeuPertamina.jpg
Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman saat kegiatan pembersihan Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban, Bintan, Sabtu (10/12/2016) (Sumber foto : Istimewa)

BINTAN (TEROPONGSENAYAN)-–PT Pertamina (Persero) pada Sabtu (10/12/2016) menyelenggarakan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di lima lokasi secara serentak. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan HUT Pertamina ke-59.

Di Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau, sebanyak 1000 orang peserta yang terdiri dari pekerja Pertamina, SKPD, warga, pelajar, dan TNI/Polri mengikuti kegiatan ini di Pantai Kampung Bugis. Tanjung Uban adalah salah satu dari lima lokasi pelaksanaan program secara serentak.

Selain itu kegiatan serupa juga dilaksanakan di pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi, Jawa Timur, pantai Mutiara Hijau, Karangsong, Balongan, Jawa Barat, pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, dan pantai Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman yang pada hari ini turut serta dalam kegiatan pembersihan Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli akan kelestarian lingkungan pesisir pantai, khususnya dengan menjaga kebersihannya.

Selain itu, melalui beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, termasuk di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, dapat menjadi bukti komitmen Pertamina pada peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di sekitar pesisir melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) maupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan momentum HUT perusahaan.

“Pertamina memiliki wilayah operasi dari ujung barat sampai dengan ujung timur tanah air. Sebagian diantaranya bersentuhan dengan pantai. Pertamina selalu berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi, termasuk masyarakat pesisir sekitar Terminal BBM Tanjung Uban. Untuk itu, kami tidak hanya melakukan bersih-bersih pantai tetapi juga melakukan beberapa program kegiatan CSR dan PKBL di Tanjung Uban,” kata Arief.

Selain melakukan pembersihan pantai, Program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan juga diisi dengan penanaman pohon di sekitar Pantai Kampung Bugis. Seperti di daerah lainnya, Pertamina juga memberikan bantuan CSR berupa layanan kesehatan dan pengobatan gratis untuk 500 orang warga, santunan kepada 59 anak yatim, dan bantuan taman baca di Sekolah Dasar. Total bantuan yang diserahkan untuk masyarakat Pantai Kampung Bugis senilai 640 juta rupiah.

“Kegiatan ini sangat membantu masyarakat kabupaten Bintan. Seperti kita tahu bahwa Pertamina berkomitmen terhadap kemajuan masyarakat di sekitarnya. Kami ucapkan terimakasih dan selamat ulang tahun ke-59 tahun Pertamina,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Raja Muhammad Akib Rachim.

“Kami juga memberikan bantuan pemberdayaan berupa alat pengolahan sampah dan kompos yang diharapkan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir Pantai Kampung Bugis ini, Selama enam bulan ke depan kami akan melakukan pembinaan dan setelah itu mengevaluasi seberapa kuat komitmen warga mengoptimalkan bantuan tersebut,” tutup Arief.(ris/spp)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement