Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 22 Des 2016 - 07:15:19 WIB
Bagikan Berita ini :

TKA Cina Diduga Masuk Wilayah RI Lewat Pelabuhan Tikus

55junimartgirsang.jpg
Anggota Komisi III DPR RI Junimart Girsang (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi III DPR RI Junimart Girsang menduga masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina ke wilayah Republik Indonesia (RI) melalui pelabuhan jalur tikus. Dugaan Junimart mencuat saat Komisi III DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Riau (Kepri).

"Kemarin kebetulan, saya sebagai pimpinan Kunker ke Kepri. Kami pun konsen di masalah keimigrasian. Dalam kunjungan ke tiga pelabuhan, dari tujuh pelabuhan di Kepri, yang menjadi pertanyaan kami kepada kepala keimigrasian di sana, kalau masuk 700-800 dari Singapura atau Malaysia,‎ kembalinya berapa? Nah, mereka mengatakan paling banyak 300, terus sisanya kemana? Masuk 800, kembali 300, masih ada sisa 500, nah ini kemana? Mereka mengatakan, mungkin di pelabuhan lain," papar Junimart di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Dengan temuan ini, Komisi III DPR pada masa sidang berikutnya akan memangil Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk menyikapi situasi tersebut.

"Jadi nanti dalam sidang pembukaan, kita akan mengundang Menteri Hukum dan HAM, dan menanyakan bagaimana sih sistem online mereka ini. Apakah bisa terdeteksi. Karena kan kalau menurut kepala imigrasi di Batam Center dan di Sekupang itu kebanyakan warga negara asing Cina," katanya.

"Belum lagi pelabuhan tikus di sana. Kalau menurut informasi yang kita dapatkan, lebih banyak yang masuk dari pelabuhan-pelabuhan tikus daripada pelabuhan resmi," tambahnya.

Namun demikian, kata politikus PDIP ini, hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama, untuk mengawasi siapa pun yang masuk.

"Misalnya, beberapa waktu lalu tertangkap copet di salah satu di Pasar di Jakarta. Ternyata pelakunya adalah warga negara asing, Cina, yang tidak bisa berbahasa Indonesia yang pekerjaannya tidak ada, dan dia tidak punya identitas. Ini kan contoh yang harus kita antisipasi juga dan ini sudah kita komuinikasikan dengan Polri agar segera bertindak dengan situasi seperti ini," tandasnya. (plt)

tag: #cina  #tenaga-kerja-asing-tka  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...