Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 12 Jan 2017 - 17:27:27 WIB
Bagikan Berita ini :

PKS Belum Tentukan Sikap Soal Presidential Threshold

6sohibul-iman-mandra.jpg
Sohibul Iman (kedua, kanan) bersama elite PKS lainnya di hotel Aston, Jakarta, Kamis (12/1/2017) (Sumber foto : Mandra Pradipta/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Jumlah ambang batas pengajuan calon presiden atau presidential threshold (PT) dalam RUU Pemilu masih menjadi perdebatan. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sendiri hingga sampai saat ini belum menentukan sikap.

Presiden PKS Sohibul Iman menyatakan, pihaknya sampai saat ini masih mengkaji lebih jauh, apakah PT 0% bisa jauh lebih baik atau tidak.

"Kami PKS menghendaki presidential threshold-nya. Logikanya sangat simpel, Pilkada saja ada threshold-nya, tentu Pilpres sangat logis menggunakan presidential threshold. Nanti berapa jadinya, itu merupakan hasil dari dinamika politik nanti," kata Sohibul di Ballroom Hotel Aston, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2016).

Selain itu di tempat yang sama, Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini menuturkan, pihaknya setuju jika ambang batas parlemen (parliamentary threshold) naik menjadi 4,5 persen dari sebelumnya 3,5 persen.

Menurutnya, kenaikan tersebut masih dalam tahap wajar melihat dinamika yang ada sekarang. Bagaimanapun, Pileg 2019 mendatang harus bisa menghasilkan wakil-wakil rakyat yang berkompeten.

"Kalaupun harus ada progres upaya penyederhanaan partai boleh lah, tapi jangan sampai terlalu tinggi. Kalau terlalu tinggi itu membunuh demokrasi," ucapnya.(yn)

tag: #pilpres-2019  #pks  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement