Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 20 Jan 2017 - 06:14:22 WIB
Bagikan Berita ini :

KPUD DKI Sudah Cetak 7,2 Juta Surat Suara

50pilkada_langsung.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, M Fadlillah mengatakan pihaknya telah mencetak 7,2 juta surat suara yang akan digunakan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2017.

"Alhamdulillah proses pencetakan surat suara untuk Pilkada Jakarta 2017 sudah selesai semua," kata Fadlillah di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Fadlillah mengatakan saat ini 7,2 juta surat suara itu sedang dalam proses pengiriman ke Jakarta dari tempat pencetakan di daerah Makassar Sulawesi Selatan. Ia mengungkapkan setelah surat suara sampai di Jakarta maka akan langsung dikirim ke KPU kabupaten/kota, kemudian akan dilakukan sortir dan pelipatan.

"Nanti langsung dikirim ke KPU kabupaten/kota, setelah itu dilakukan sortir dan pelipatan," ujarnya.

Menurutnya, 7,2 juta surat suara yang dikirim itu termasuk surat suara tambahan yang akan digunakan apabila dilakukan pemilihan ulang. Fadlillah menjelaskan surat suara tambahan itu jumlahnya 2,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) per-Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 7.292.619 surat suara dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Jumlah surat suara yang di cetak sebanyak Daftar Pemilih Tetap plus 2,5 persen pemilih di tiap Tempat Pemungutan Suara yaitu sekitar 7.392.619 surat suara," kata Fadlillah di Kantor KPU Jakarta, Rabu (11/1).

Dia mengatakan KPU Jakarta juga menyiapkan 200 ribu surat suara kalau terjadi pemungutan suara ulang. Menurutnya, proses pencetakan surat suara dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan dan pihak KPU Jakarta mengirimkan tim pengawas yang melakukan proses pengawasan pencetakan surat suara.

"Kami harap proses produksi berjalan baik dan lancar namun ada kejadian mati listrik beberapa waktu, namun kami himbau agar bisa diantisipasi dan insya Allah berjalan sesuai target," ujarnya.

Selain itu menurut dia, KPU Provinsi DKI Jakarta dibantu KPU kabupaten/kota akan menyortir surat suara sehingga apabila ditemukan kerusakan maka tidak didistribusikan ke TPS-TPS. (Antara/icl)

tag: #kpu-dki-jakarta  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...