Berita
Oleh Agus eko cahyono pada hari Minggu, 01 Feb 2015 - 19:14:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Tidak Semua BUMN Digelontor Dana PMN

11fadel.jpg
Fadel Muhammad (Sumber foto : Eko Hilman)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Komisi XI DPR belum tentu meluluskan permintaan BUMN yang ingin dana penyertaan modal negara (PMN). Alasannya PMN akan dilihat dulu berdasarkan skala prioritasnya.

"Hanya BUMN yang langsung bersentuhan dengan rakyat, yang bisa kita setujui, misalnya PT. Garam. Karena ini sangat penting," kata Ketua Komisi XI DPR Fadel Muhammad kepada TeropongSenayan di Jakarta, Minggu (1/2/2015).

Oleh karena itu, kata Fadel, Komisi XI DPR akan mempelajari dulu bagaimana PMN yang diminta pemerintah untuk BUMN ini. "Kita kaji dulu dan akan koordinasi dengan komisi lain yang terkait," tambah Waketum Partai Golkar. DPR lanjut Fadel, akan menyeleksi ketat sesuai dengan kebutuhan.

Sebelumnya, Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Uchok Sky Kadhafi mengecam RAPBN-P 2015 yang diajukan pemerintah Jokowi untuk mengalokasi PMN sebesar Rp72,9 triliun untuk 40 BUMN. Padahal, di era SBY pada APBN 2015 hanya empat BUMN yang menerima PMN sebesar Rp5,1 triliun."Jadi, dari era SBY ke Jokowi, ada selisih suntikan modal sebesar Rp67,8 triliun," ungkap Uchok.

Menurut Ucok, suntikan modal negara untuk BUMN menjadi beban pembayar pajak, lantaran kontribusi atau keuntungan yang disetorkan buat negara sangat minim sekali. "Dari 2010-2013, negara telah memberikan PMN ke BUMN sebesar Rp269,7 triliun dan keuntungan yang disetorkan kepada negara hanya sebesar Rp123 triliun," tambahnya ucap Uchok. (ss)

tag: #dana  #pmn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Bahlil Ingin Beri Izin Tambang ke Ormas, Sartono Hutomo: Jangan Buru-buru

Oleh Fath
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI angkat bicara perlihal rencana Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk ...
Berita

Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Demokrat, Marwan Cik Asan mengingatkan pemerintah agar mewaspadai perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun 2024. Karena meskipun angka ...