Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 25 Feb 2017 - 09:39:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Kudeta Gagal, Ratusan Warga Turki Cari Suaka ke Jerman

63warga-turki.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BERLIN (TEROPONGSENAYAN) - Lebih dari 130 warga Turki pemegang paspor diplomatik telah mencari suaka ke Jerman setelah kudeta gagal musim panas tahun lalu.

"Kudeta tersebut bertujuan menggulingkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan," kata Sueddeutsche Zeitung dalam laporannya pada Jumat (24/2/2017).

Surat kabar harian Jerman itu melaporkan bahwa selama Agustus 2016 hingga Januari tahun ini, sudah 136 warga Turki, yang terdiri atas para diplomat, tentara dan keluarga mereka, yang telah mengajukan permohonan suaka sebagai pengungsi.

Mereka diyakini sebagai para pendukung atau simpatisan Gerakan Gulen. Gerakan tersebut saat ini dianggap Pemerintah Turki sebagai kelompok teror karena pemimpinnya yang mengasingkan diri, Fethullah Gulen, diduga berperan mengarahkan percobaan kudeta pada Juli 2016.

Turki telah menekan Jerman untuk mengekstradisi para warganya yang menjadi pembangkang, terutama para personel militer. Saat ini, ada sekitar 1,6 juta warga Turki yang tinggal di Jerman.

Berlin mempertanyakan perburuan yang dilancarkan Ankara itu dan menganggapnya sebagai pembersihan, yang menimbulkan ketegangan terhadap hubungan kedua negara.

Media Jerman belakangan ini juga menuding lembaga-lembaga diplomatik Turki telah mendorong warga Turki untuk memata-matai rekan-rekan mereka.

Pada Jumat, konsulat Turki di negara bagian Jerman North Rhine Westphalia menepis tuduhan itu sebagai informasi yang tidak benar dan tidak dapat diterima.(yn/ant)

tag: #turki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement