Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 27 Feb 2017 - 10:32:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi III: Sangat tak Tepat Jokowi Satu Mobil dengan Seorang Terdakwa

34jokowi.jpg
Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Alhabsyi menilai sangat tidak tepat seorang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berada satu mobil bersama seorang terdakwa penista agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Tentunya hal ini dapat menimbulkan berbagai spekulasi di masyarakat," kata Aboe kepada TeropongSenayan di Jakarta, Senin (27/2/2017).

Politisi PKS ini menilai seharusnya Jokowi peka dengan status terdakwa Ahok tersebut. Bahkan DPRD DKI pun, tambah Aboe, telah memutuskan sikap untuk menolak rapat dengan Gubernur DKI yang berstatus terdakwa tersebut.

"Jangan sampai menimbukan konflik kepentingan dengan para jaksa dan hakim yang sedang memprosesnya. Jangan sampai hal ini membawa situasi yang tidak nyaman untuk para penegak hukum yang sedang menjalankan tugasnya," tegasnya.

Di sisi lain, Jokowi seharusnya juga peka terhadap situasi banyak masyarakat yang saat ini menuntut penonaktifan Ahok karena telah melanggar UU Pemerintahan Daerah Nomor 23 Tahun 2014.

"Ketika Presiden memilih semobil dengan Ahok, pastilah publik langsung akan mengambil spekulasi, kenapa sampai saat ini Ahok tidak dinonaktifkan dari Gubernur," ungkapnya.

Oleh karena itu, Aboe berharap Jokowi seharusnya dapat menjaga marwah posisinya, ditambah banyak ekses negatif yang lahir dari kasus penistaan agama ini.

Sekaligus mengingatkan, agar jangan sampai masyarakat mengambil spekulasi bahwa sikap Presiden Jokowi tersebut adalah bentuk pengistimewaan atau bahkan bentuk perlindungan terhadap Ahok.

Sehingga, masyarakat meyakini hal ini akan berpengaruh terhadap kebijakan Mendagri yang menolak menonaktifkan Ahok.

"Jangan sampai pula akhirnya publik menyimpulkan bahwa nanti proses hukum terhadap Ahok akan dapat terganggu dengan kejadian ini," pungkasnya. (icl)

tag: #ahok  #jokowi  #komisi-iii  #penistaan-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement