Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Sabtu, 25 Mar 2017 - 16:35:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Alumni ITB Siap Kawal Putaran Dua Pilgub DKI 2017‎

6IMG_20170325_163408.jpg
Akhmad Syarbini (Sumber foto : Alfian Risfil Auton )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Daftar pemilih memiliki peranan sentral pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Sebab, kualitas dan kuantitas daftar pemilih mengukur legitimasi calon terpilih atau seberapa jauh pesta demokrasi lokal di Jakarta berjalan jujur, adil dan tanpa kecurangan.

Ketua Komunitas Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1986 peduli demokrasi, Akhmad Syarbini menyatakan, Kontestasi Pilgub DKI 2017 merupakan barometer Pilkada serentak tahun ini. Karena itu, harus berjalan transparan, jujur, adil dan menjaga hak demokrasi warga ibu kota.

Abi, panggilan akrab Akhmad Syarbini, mengungkapkan, salah satu masalah krusial pada pemilu adalah daftar pemilih. Sebab, dari situ dapat dinilai apakah putaran kedua Pilgub DKI berjalan baik atau sebaliknya.

"Nah, kami menemukan 12 kategori Daftar Pemilih Sementara (DPS) invalid yang telah ditetapkan," kata Abi di Jakarta Sabtu (25/3/2017).

Dia menjelaskan, DPS invalid itu berasal dari data kependudukan yang di keluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan (Disdukcapil) DKI cukup amburadul. Misalnya, di Jakarta Utara terdapat 19.860 data invalid tersebar di Kecamatan dan Kelurahan di wilayah pesisir ibu kota.

Kemudian, di Kepulauan Seribu ada 218 data invalid. Karena itu, Abi menyarankan, KPU dan Bawaslu DKI bersama perangkatnya wajib melakukan verifikasi faktual. "Jaga hak demokrasi warga dan jangan sampai ada tangan-tangan kotor atau bukan warga Jakarta ikut memilih," tegasnya.

Alumini ITB di Jakarta, dia menambahkan, akan turun ke lapangan ikut mengawasi jalannya pencoblosan 19 April 2017.
Hal tersebut, dilakukan untuk menjaga kecurangan yang terjadi. "Kecurangan sudah tampak nyata. Makanya, harus diawasi. Kami, akan kawal sampai ada pemenang," ucap Abi.(ris)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...