Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 06 Apr 2017 - 06:48:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Harapan DPR Pada Anggota BPK Baru

51BPK.jpg
Badan Pemeriksa Keuangan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Uji kepatutan dan kelayakan anggota BPK RI sudah memasuki hari ketiga. Ada banyak harapan yang diletakkan pada pundak-pundak calon anggota BPK ke depan.

"Kandidat anggota BPK ke depan harus individu yang berani, memiliki komitmen dan konsistensi tinggi untuk mewujudkan rencana-rencana strategis BPK 2016-2020, yaitu untuk meningkatkan peran BPK secara kelembagaan dalam rangka mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan bernegara," ujar Heri Gunawan Anggota Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (05/04/2017).

Selain itu, lanjut dia, Kandidat ke depan harus mampu menjawab keraguan publik atas hasil audit BPK yang dinilai masih banyak keanehan dan disinyalir relatif subjektif.

"Saat ini, publik masih banyak yang mempertanyakan kebenaran audit dan opini yang diberikan BPK atas laporan keuangan baik atas hasil audit pemda atau kementerian/lembaga tertentu. Pada konteks ini, opini BPK masih terkesan subjektif," ungkap politisi Gerindra itu.

Untuk itu, lanjut dia, Kandidat ke depan harus mampu meningkatkan kualitas hasil audit BPK yang selama ini banyak dipersepsikan aneh.

Sebagai contoh, kata dia, ada daerah yang miskin, partisipasi masyarakat rendah, tetapi BPK memberikan opini atas laporan keuangannya dengan rapor Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Sebaliknya, ada daerah yang sejahtera dan tingkat partisipasi publik tinggi, tetapi BPK memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian atau Disclaimer," sindirnya.

Jadi, kata dia, Kandidat ke depan harus orang yang mampu memperkuat kerja-kerja BPK.

"Pada konteks ini, kandidat harus orang yang mampu bekerja secara obyektif, tanpa mudah diintervensi, oleh sebab itu, penempatan orang-orang di BPK haruslah orang-orang profesional dan berintegritas tinggi," tegasnya.

Heri berharap kandidat ke depan harus orang yang bisa membangun sinergi dengan lembaga penegak hukum lainnya.

"Saat ini, banyak sekali temuan BPK yang nasibnya tidak jelas. Karenanya, ke depan, hasil audit BPK harus dapat ditindaklanjuti secara segera serta fokus kepada rekomendasi untuk perbaikan kebijakan dan bersifat makro strategis," tandasnya.

Selain itu, kata Heri, DPR juga berharap agar kandidat ke depan harus mampu menghasilkan opini dan rekomendasi yang tuntas dengan mengurai akar permasalahan, jangan sampai rekomendasi menjadi out of date.

"Sebab, sampai hari ini masih banyak hasil rekomendasi yang belum ditindaklanjuti, dengan sendirinya rekomendasi yang disampaikan menjadi tidak efektif untuk menyelesaikan suatu persoalan di entitas," terangnya.

Sebab itu, kandidat ke depan harus orang-orang yang memiliki integritas, independensi, dan profesionalisme yang tinggi.

"Ke depan tantangan akan semakin tinggi dan itu membutuhkan peran aktif dari seluruh jajaran di BPK untuk mengimplementasikan dan mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran strategis serta target-target pengukurannya dalam Renstra BPK 2016-2020," pungkas dia. (icl)

tag: #bpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement