Berita
Oleh untung ss pada hari Senin, 09 Feb 2015 - 12:42:12 WIB
Bagikan Berita ini :
Pilihan Jokowi PT Adiperkasa dan Proton

Sukiyat : Modal Saya Tidak Sebesar Pak Hendro

14sukiyat.jpg
Walikota Solo Joko Widodo dan Pemilik Bengkel Sukiyat Motor (Sumber foto : ist/sukiyat)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Pemrakarsa mobil Kiat Esemka, Sukiyat, yang melambungkan nama Joko Widodo hingga menjadi tokoh nasional tidak mempermasalahkan upaya presiden menggandeng pabrik mobil Proton Malaysia untuk membangkitkan mobil nasional di Indonesia.

"Bagi saya tidak masalah, kita berharap setidaknya akan ada transfer tehnologi nantinya," kata Sukiyat yang menghubungi TeropongSenayan, Senin (09/02/2015).

Pemilik bengkel Kiat Motor, Klaten, Jawa Tengah ini menyadari mengapa PT Adiperkasa Cita Lestari yang digandeng pemerintah membuat kesepakatan dengan Proton Malaysia, bukan dirinya atau Esemka. "Lha kalau saya khan nggak ada modal besar, kalau Pak Hendro khan modalnya besar," kata Sukiyat.

Bagi dirinya, yang penting adalah keseriusan pemerintah dalam membangun industri otomotif tanah air. Jangan hanya banyak ngomong seperti saat pertama kali Kiat Esemka produksinya bersama anak-anak SMK di Solo dan Klaten, diperkenalkan oleh Walikota Joko Widodo dulu. Pejabat berlomba-lomba bicara dan mendatangi dirinya, tapi setelah itu tidak ada tindaklanjutnya.

Yang penting, kata Sukiyat, kalau memang pemerintah belum bisa membuat jalan raya untuk industri otomotif ini, Indonesia bisa membuat jalan setapak dulu hingga pada akhirnya bisa membangun jalan raya. "Biar saja kerjasama dengan Proton ini menjadi jalan setapak bagi industri otomotif di Indonesia," jelasnya.(ss)

tag: #proton  #esemka  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Selain Harapannya Tipis, Politikus PDIP Ini Sebut Anies dan Ahok Cocoknya Berduel Bukan Duet

Oleh Fath
pada hari Minggu, 12 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Politikus PDIP Darmadi Durianto mengaku pesimis partainya bakal mengusung Anies Baswedan sebagai cagub DKI Jakarta. Apalagi menduetkannya dengan Ahok. "Pasnya duel ...
Berita

Bamsoet Dorong Peran Swasta Dalam Industri Pertahanan dan Keamanan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung kemajuan peran swasta dalam industri pertahanan dan keamanan nasional untuk menjadi mitra ...