Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Minggu, 23 Apr 2017 - 08:14:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi I Minta Jokowi Buka Suara Soal Investigasi Allan Nairn

79sukamta.jpg
Sukamta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi I DPR Sukamta meminta Presiden Joko Widodo merespon upaya Mabes TNI yang kini menempuh jalur hukum kepada pihak redaksi Tirto.Id dan juga Allan Nairn, wartawan asal Amerika yang merilis hasil investigasi upaya makar dengan menyebut nama Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Menurutnya, isu yang dikeluarkan oleh Allan Nairn sangat sensitif dan perlu segera mendapat respon dari pemerintah. Ini mengingat, jelas Sukamta, posisi TNI selama ini adalah tulang punggung negara.

"Dengan didukung lembaga intelijen BIN dan BAIS hampir dipastikan tidak ada yang luput dari perhatian Presiden. Oleh sebab itu Presiden perlu segera membuat pernyataan pembelaan terhadap TNI yang saat ini sedang dihinggapi isu makar, hal ini akan mendinginkan suasana dan menghilangkan rasa curiga antar berbagai komponen bangsa," kata Sukamta kepada TeropongSenayan di Jakarta, Minggu (23/4/2017).

Politisi PKS ini menilai, jika Jokowi tidak segera memberikan pernyataan membantah hasil investigasi Allan Nairn dan membiarkan Mabes TNI bekerja sendiri melalukan upaya hukum, dikhawatirkan akan muncul persepsi liar yang berkembang lebih luas.

"Ini sangat berbahaya bagi kesatuan bangsa dan negara. Saya berharap semua komponen bangsa harus kompak," tegasnya.

Sukamta juga menyoroti redaksi Tirto.id yang menayangkan hasil investigasi Allan Nairn, dinilai kurang sensitif dengan kondisi tanah air. Menurut Sekretaris FPKS DPR ini, demokrasi tidak berarti setiap konten bebas beredar.

"Redaksi media massa juga perlu menimbang motif investigasi apalagi ini dilakukan wartawan asing dan saat akan menayangkan juga perlu melihat suasana kebatinan masyarakat," tutupnya. (icl)

tag: #komisi-i  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...