Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 07 Mei 2017 - 19:05:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Menkumham Minta Saber Pungli Lakukan OTT di Lapas

95yasonna-ts.jpg
Yasonna Laoly (Sumber foto : DokTeropongSenayan)

PEKANBARU (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly meminta tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) melakukan operasi tangkap tangan di sejumlah lembaga pemasyarakatan (Lapas).

"Kebijakan afirmatif harus ada dilakukan, terutama terhadap perilaku pejabat yang memeras. Mudah-mudahan nanti ada OTT (operasi tangkap tangan). Kita minta Saber Pungli. Ini menterinya yang minta," kata Yasonna saat meninjau Rumah Tahanan Sialang Bungkuk di Pekanbaru, Minggu (7/5/2017).

Ia menyebut, penggunaan layanan seperti penerimaan tamu, pindah blok, telepon dan layanan lain untuk memeras tahanan sebagai masalah klasik di lembaga-lembaga pemasyarakatan.

"Ada kurang makanan, air kurang. Sangat tidak manusiawi, orang sengaja ditumpuk supaya mahal," ungkapnya.

Dia mengakui penggunaan lembaga pemasyarakatan melebihi daya tampung memicu munculnya berbagai masalah. Masalah Rutan Sialang Bungkuk, yang kapasitasnya 300 orang namun digunakan untuk menampung 1.000 tahanan, menurut dia juga dihadapi lembaga-lembaga penahanan di seluruh Indonesia.

"Kami cari solusi, mau tak mau harus ada penambahan bangunan, mungkin tahun depan, coba liat nanti anggaran yang tersedia bagi kami," tambah dia.

Ia menyatakan polisi sedang menyelidiki perkara pungutan liar di Rutan Sialang Bungkuk. Kepala rumah tahanan juga sudah dinon-aktifkan dan akan menjalani pemeriksaan oleh kementerian maupun kepolisian.(yn/ant)

tag: #menkumham-yasonna-laoly  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...