Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 08 Mei 2017 - 11:13:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Radikalisme, Haedar Nashir : Jangan Sebarkan Virus Kecemasan

51haedar_nashir.jpg
Haedar Nashir (Sumber foto : Istimewa)

SLEMAN (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengingatkan semua pihak untuk berpikir positif tentang kondisi Negara Kesaturan Republik Indonesia (NKRI).

“Selain itu, ada yang berpandangan adanya ancaman terhadap NKRI, karena ada gerakan kelompok Islam radikal, maka dimungkinkan akan muncul reaksi balik dari kawasan Papua, NTT, dan lain-lain,” ujar Haedar, Senin (8/5).

Haedar mengemukakan, akan muncul berbagai istilah kawan setia dan paling mendukung NKRI. Sebaliknya, ada yang dianggap kurang atau tidak setia, serta tidak pro-NKRI.

Ia mengatakan, pikiran dan pandangan yang mengesankan situasi gawat seperti itu justru dapat berpotensi menciptakan psikologi kegawatan dalam berbangsa dan bernegara. Jika pendapat negatif seperti ini terus diproduksi, dia menilai dua pihak warga bangsa yang berbeda akan saling berhadapan dalam kondisi yang negatif.

Dia menyebutkan, dua pihak tersebut seperti mayoritas versus minoritas, pemeluk agama satu dengan peneluk agama lain, satu etnis dengan etnis lain, dan kelompok radikal satu dengan kelompok radikal yang lain.

“Mau sampai kapan seperti ini? Kita sadar terdapat sejumlah masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun jika berpikir lebih jernih dan objektif, permasalahan yang berkembang masih bisa diatasi dan terus didialogkan untuk dicarikan solusi,” tutur Haedar.

Ia mengemukakan, dalam Pilkada DKI memang ada masalah yang berkaitan dengan relasi politik, sentimen agama, dan etnik. Namun, masalah lain ikut menjadi pemicu, seperti faktor personalitas dan kesenjangan sosial.

Karena itu, Haedar menyarankan agar masyarakat mengkaji lebih dulu setiap peristiwa dengan seksama dan komprehensif. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kemunculan pandangan-pandangan dangkal. Di mana dengan kondisi tersebut, muncul politisasi dalam beragam bentuk, termasuk dramatisasi situasi.

Dramatisasi itulah yang sering memicu masalah baru dan memperluas masalah. Hal ini kemudian menimbulkan kepanikan maupun kesan suasana gawat yang tidak sepenuhnya menggambarkan keadaan faktual atau apa adanya.

“Maka, hendaknya perlu dihentikan pikiran-pikiran yang cenderung menggawatkan atau mendramatisasi keadaan disertai pandangan yang ekstrem, provokatif, dan berlebihan,” ujarnya.

Ia mengimbau agar semua pihak kembali berpandangan moderat, objektif, dan mengirim pesan damai serta positif. Karena setiap masalah yang dihadapi dapat dikaji secara seksama dan dicarikan solusi bersama dalam suasana kondusif.

Haedar menegaskan, bangsa ini telah melawati banyak rintangan dan masalah besar sehingga memiliki modal sosial yang relatif mumpuni untuk melewati masalah-masalah baru.

“Masalah harus dihadapi, tetapi jangan termakan situasi. Jangan sebarkan virus kecemasan dan kewaspadaan yang berlebihan, yang menciptakan psikologi kegawatan melebihi kemestian. Di sinilah pentingnya kedewasaan, kearifan, kejujuran, dan kecerdasan para pemimpin negeri,” katanya.(yn)

tag: #bhineka-tunggal-ika  #muhammadiyah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...