Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 17 Mei 2017 - 08:09:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Pesawat Dilarang Terbang Karena Cuaca Buruk, Bupati Nabire Pukul Petugas ATC

56IMG_20170517_080514.jpg
Bamdara Nabire (Sumber foto : Istimewa )

NABIRE (TEROPONGSENAYAN)--Gara-gara pesawat carterannya dilarang terbang lantaran cuaca buruk, Bupati Nabire memukul dua orang petugas Air Navigation Indonesia (Airnav) Nabire, Papua. Pemukulan karyawan operasional Airnav Nabire terjadi pada saat jam operasional Rabu (17/5/2017).

"Pihak Heavilift, perusahaan penerbangan carteran, mengajukan flight plan (rencana penerbangan) kepada waba (bandara kecil) Nabire dengan expect flying time 1 jam dan purpose time departure 06.30 utk," ujar Kiki Adrian, GM Airnav Nabire dalam pesan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (17/5/2017).

Ardian menambahkan, jika pesawat catatan itu akan take off dari Nabire pukul 06.30, maka mereka akan tiba kembali pada pukul 08.30 utc di luar ground time mereka di waba. Pada pukul 06.00 utc, sebelum take off, menurut Ardian, pihak Heavilift meminta extend waktu sampai dengan pukul 09.00 utc. Namun pihak otorita tidak berani me-realase dikarenakan ada informasi bahwa cuaca ke arah tenggara buruk.

Pihak otorita, menurut Ardian, memberikan saran, jika ingin terbang di luar jam operasional, pihak Heavilift harus membuat surat pernyataan yang berisi bilamana terjadi suatu hal di luar jam operasional, maka pihak Heavilift bertanggung jawab penuh akan hal tersebut, karena hal itu di luar wewenang pihak otorita bandara.

Namun, menurut dia, pihak Heavilift menolak saran itu. Pesawat carteran yang disewa Bupati Nabire itu bahkan tidak berani terbang. Kumudian pihak Airnav pun mengambil keputusan untuk membatalkan penerbangan dan melaporkan kepada pihak otorita bandara.

Namun, menurut Ardian, pihak pencarter pesawat (Bupati Nabire) tidak terima. Bupati kemudian mendatangi kantor briefing office Airnav Nabire dan meminta penjelasan.

"Pihak Airnav Nabire diwakili petugas bernama Hardianto pun memberi penjelasan, disaksikan oleh Junior Manager Ops Airnav Nabire, beberapa karyawan briefing office, dan beberapa pegawai Upbu Nabire dan Avsec Upbu Nabire. Atas penjelasan karyawan tersebut, pihak pencarter Heavilift tidak terima. Tiba-tiba Bupati Nabire memukul Hardianto serta seorang karyawan magang Airnav atas nama Anton," papar Ardian.(dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement