Opini
Oleh Ariady Achmad pada hari Kamis, 25 Mei 2017 - 07:17:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Kami Mengutuk Keras Bom Kampung Melayu

55obrolan pagi-1.jpg
Kolom bersama Ariady Achmad (Sumber foto : Ilustrasi oleh Kuat Santoso )

Ledakan bom yang terjadi di halte Transjakarta, Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu malam (24/5/2017) adalah perbuatan biadab yang sangat keji. Oleh karena itu kami mengutuk keras perbuatan yang tidak berperikemanusiaan ini.

Kita berharap polisi mengusut dan segera mengungkap peristiwa ini. Kami percaya polisi dan aparat keamanan akan menangani peristiwa ini secara tuntas. Sehingga secepatnya memulihkan rasa aman ditengah masyarakat.

Jelas masyarakat, terutama di ibukota, terhenyak dan kaget atas ledakan yang diduga sebagai bom bunuh diri ini. Karena ledakan bom ini sudah pasti mengoyak rasa aman warga ibukota. Terlebih lagi bagi umat muslim yang segera memasuki saatnya ibadah puasa.

Kita ikut merasakan duka yang mendalam. Karena ledakan bom yang terjadi semalam itu merenggut nyawa seorang polisi yang tengah bertugas mengamankan pawai umat muslim yang menyambut datangnya bulan puasa. Rasa duka juga untuk korban-korban lainnya.

Ledakan bom yang terjadi di area pelayanan publik seperti terminal angkutan kota jelas teror yang biadab. Terlebih lagi terjadi di ibukota. Perlu kewaspadaan yang tinggi atas teror ini. Kendati masih terus diidentifikasi, namun motif dan tujuan teror harus segera diungkap dan ditemukan.

Pemerintah harus bertindak cepat dan tepat guna memulihkan dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Sebab salah satu tugas pemerintah adalah melindungi warga dari berbagai sumber dan ancaman keamanan dengan menggerakkan aparat kepolisian dan TNI.

Selebihnya rasanya dialog konstruktif dan positif perlu terus dilakukan. Sebab, apapun, peristiwa-peristiwa teror seperti ledakan bom bunuh diri ini bisa jadi akibat tersumbatnya jalur komunikasi antara elemen masyarakat. Melalui dialog dan komunikasi potensi ancaman tindak kekerasan seperti ini bisa diminimalisir.

Kita percaya pemerintah bisa melakukan semua itu. Kita mengajak semua elemen bangsa ini bersatu padu melawan teror. (*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Ahlan Wa Sahlan Prabowo Sang Rajawali!

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan Prabowo Subianto sah sebagai Presiden RI ke delapan. Itu adalah takdir Prabowo yang biasa dipanggil 08 oleh koleganya. Keputusan MK ...
Opini

Jalan Itu Tidaklah Sunyi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --"Jika Mamah jadi penguasa apakah Mamah akan menjadikan anak Mamah pejabat saat Mama berkuasa?" Itu pertanyaan anakku malam ini. Aku mendengarkan anakku ini. ...