Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Selasa, 06 Jun 2017 - 20:35:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Rachmawati: PKI Sudah Tidak Ada, Apa Yang Mau Digebuk?

74rachmawati.jpg
Pendiri dan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno, DR (HC) Hj. Rachmawati Soekarnoputri (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pendiri dan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno, DR (HC) Hj. Rachmawati Soekarnoputri menyatakan, saat ini ada pihak yang ingin menggeser ajaran Pancasila dengan ideologi liberal-kapitalis.Menurutnya,ideologi liberal kapitalis itulah yang harus digebuk. .

Rachmawati mengajak bangsa Indonesia kembali kepada Pancasila sebagaimana yang diajarkan oleh Bung Karno. Dia menyampaikan hal itu dalam peringatan haul kelahiran Proklamator Indonesia, Soekarno bersama keluarga besar civitas akademika Universitas Bung Karno (UBK), Selasa (6/6/2017). Acara yang dikemas dengan buka puasa bersama itu digelar di Auditorium DR. Ir. Soekarno, Kampus UBK, Jalan Kimia, nomor 20, Jakarta Pusat.

Hadir beberapa petinggi UBK dan sejumlah tokoh nasional, diantaranya komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

"Saya prihatin, ada pihak-pihak yang ingin terus menggeser Pancasila dari mana asalnya.‎ Ingat, Pancasila itu bukan pilar, tetapi dasar dan filosofi‎ kita berbangsa," ungkap Rachmawati.

‎Bicara pemikiran Bung Karno, jelas Rachmawati, tidak bisa lepas dari ‎perjalana bangsa. Bung Karno sebagai penyambung lidah rakyat Indonesia ingin Pancasila menjadi dasar dan filosofi‎ berbangsa dan bernegara.

"Bukan hanya jargon, saya Indonesia saya Pancasila tetapi tanpa makna," katanya.

Selain itu, Rachmawati juga menyoroti ajakan pemerintah untuk 'menggebuk PKI'. Sementara liberal kapitalis dibiarkan merongrong ekonomi dan budaya bangsa.

"PKI itu tidak ada. Apanya yang mau digebuk? Tetapi ajaran PKI jelas menabrak sila ke-5, keadian sosial bagi seluruh rakyat. Dan ini jelas kejahatan yang mengancam perjalanan bangsa, karena yang kuat harus menang, dan sebaliknya. Jadi yang harus digebuk itu kapitalisme, karena PKI sudah tidak ada," katanya.

Mungkin, lanjutnya, yang ingin digebuk oleh pemerintah adalah ajaran-ajaran PKI, seperti sosialisme, komunisme, leninisme dan lain sebagainya. ‎

Jika pemerintah ingin menggebuk PKI, menurut dia, harusnya mereka tak boleh menggunakan faham liberalisme dan kapitalisme. Sebab liberalisme dan kapitalisme sesungguhnya merupakan antitesis dari ajaran PKI.

Sementara itu, dalam kesempatan ini, Rachmawati juga menyerahkan santunan kepada puluhan anak yatim‎ di sekitar kampus UBK. (plt)

tag: #rachmawati-soekarnoputri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement