Berita
Oleh Sahlan pada hari Jumat, 07 Jul 2017 - 10:53:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Wow, Hanura Sebut Parpol Butuh Rp 1 Triliun Per Tahun

38dadang-rusdiana2.jpg
Dadang Rusdiana (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Fraksi Partai Hanura di DPR Dadang Rusdiana mengungkapkan, berdasarkan kajian pihaknya, sebuah parpol sedikitnya membutuhkan dana Rp 1 triliun per tahun.

Untuk itu, lanjut Dadang, kenaikan dana parpol yang semula Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 belum memenuhi kebutuhan partai.

"Saya kira tambahan yang diusulkan sekarang saya kira kalau dibandingkan dengan kebutuhan partai masih jauh. Cuma karena kondisi keuangan negara belum baik ya kita harus lakukan bertahap," kata Dadang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Kenaikan dana parpol, ujarnya, untuk mencegah agar penyelenggaraan negara semakin bersih. Karena selama ini orang menduga masih maraknya kasus korupsi disebabkan tingginya ongkos politik.

"Kalau dibiayai negara ada biaya tetap dan yang bersifat variabel. Biaya tetap semua partai besar-kecil sama. Karena misalnya semua punya DPP," ucapnya.

Anggota Komisi X DPR ini menambahkan, yang sekarang baru dibiayai adalah hitungan bantuan biaya per jumlah suara. Itu tidak boleh dipandang sebagai upaya pemborosan.

"Kalau partai tidak dibiayai sepenuhnya oleh negara, sampai kapanpun menghadapi kondisi politik transaksional itu akan menggoda orang atau pelaku parpol untuk melakukan hal-hal tidak terpuji. Makanya masyarakat harus mendukung sepenuhnya. Ini kan dalam rangka membangun demokrasi yang sehat," tandasnya.

Dadang setuju jika sudah dibiayai negara parpol tetap korupsi maka partai itu bisa didiskualifikasi.(yn)

tag: #dana-parpol  #partai-hanura  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...