Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 07 Jul 2017 - 18:09:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Posisi Utang Pemerintahan Jokowi Makin Mengerikan

420160520Jokowi_di_Rusia.jpg
Presiden Jokowi (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Politikus dari fraksi Gerindra DPR RI Heri Gunawan mengaku sedih dengan kondisi utang Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terlebih, pembayaran bunga utang yang saat ini sudah mencapai diatas Rp200 triliun.

“Sangat menyedihkan adalah pembayaran bunga utang telah mencapai di atas Rp200 triliun pada tahun 2017. Artinya telah terjadi kenaikan 15,8 persen dari target APBNP 2016 sebesar Rp191,2 triliun,” kata Heri dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta Jumat (7/7/2017)

Menurut dia, jumlah bunga utang pemerintahan saat ini setara dengan 40 persen alokasi belanja non Kementerian atau lembaga.

Selanjutnya, indikator jatuh tempo utang dengan tenor hingga 5 tahun naik dari 37,2 persen menjadi 38,6 persen dari total outstanding.

“Dengan keadaan seperti itu, sepertinya kita tidak bisa berharap banyak untuk pencapaian program pencapaian kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi riil dari cara-cara pengelolaan fiskal seperti itu. Buktinya, uang hanya habis untuk membayar utang yang semakin bertumpuk,” papar anggota komisi XI DPR RI itu.

Heri berharap pemerintah bisa menghadirkan solusi atas jeratan defisit anggaran yang makin menganga melalui kebijakan fiskal yang kredibel.

“Tetapi, ironisnya dalam kurun lima tahun terakhir, realisasi defisit anggaran cenderung meningkat. Penyebabnya, rata-rata realisasi belanja tumbuh di kisaran 5 persen, sementara realisasi pendapatan negara hanya tumbuh kisaran 3 persen,” sebut dia.

“Dengan begini sulit untuk mewujudkan keseimbangan primer yang positif. Pada postur fiskal 2018 saja disebutkan bahwa pendapatan negara sebesar 14% terhadap PDB, sedangkan belanja bisa mencapai 16% terhadap PDB,” pungkas Heri. (aim)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...