Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 20 Jul 2017 - 19:03:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Juga Ngotot Malam Ini RUU Pemilu Selesai

76tjahjokumolo.jpg
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo juga bersikeras RUU Pemilu sudah diketok malam ini.

Hal itu dilontarkan Tjahjo menanggapi sikap fraksi Partai Gerindra, Partai Demokrat dan PKS yang ingin menunda pembahasan RUU Pemilu hingga Senin (24/7/2017).

"Ini UU harus diselsaikan karena mengatur pekerjaan partai politik sesuai kesepakatan. Tidak mungkin dikatakan menghambat. Soal masih bersikukuh hargai saja, itu sah-sah saja. Semoga malam ini selesai," tegas Tjahjo di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Lanjut Tjahjo mengatakan, sikap pemerintah yang menginginkan agar ambang batas calon presiden (Presidential Threshold) 20 persen karena belajar dari pemilu sebelumnya yang dinilai sukses.

"Karena sudah dua kali tidak ada masalah. Takut calon tunggal? Tidak ada, itu ada rambu-rambunya. Semua partai yang ada di DPR walau 2 yakni PBB dan PKPI punya dua wakil di daerah, Sah. Terbukt dipilih rakyat," tandasnya.

Rapat Paripurna DPR pengambilan keputusan RUU Pemilu kembali diskors. Alasanya, lobi-lobi antar fraksi belum mendapatkan titik temu. Sejumlah fraksi di DPR masih kukuh dengan pilihannya masing-masing, khususnya ambang batas presiden (presidential threshold).

Kepala Biro Persidangan Sekjen DPR RI Dimiyati Sudja mengumumkan bahwa rapat kembali di skors.

"Rapat kembali diskors dan akan dimulai pukul 19.00 WIB," kata Dimiyati di ruang rapat paripurna DPR, Kamis (20/7/2017).

Ia mengatakan, ini skors yang kedua kalinya dan akan dilakukan loby-loby kembali.
"Nanti akan dilakukan loby kedua," terangnya.

Fraksi-fraksi masih tebelah menyikapi presidential threshold antara 20 persen dengan nol persen. Sementara, ada usulan dari Fraksi PAN sebagai jalan tengah diantara kedua tersebut yakni mengusulkan agar presidential threshold 10 persen.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR Fadli Zon menegaskan, Rancangan Undang-Undang Pemilu harus sudah diketok malam ini.

Oleh karenanya, Fadli mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah ketua umum partai guna mencapai kesepakatan soal penentuan Undang-Undang Pemilu.

"Penentuan malam ini. Kita putuskan 19.30 WIB, kita kembali ke forum lobi dulu di belakang paripurna. Tadi dah kita sampaikan kepada pimpinan partai," kata Fadli di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Kamis (20/7/2017).(plt)

tag: #ruu-pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

I Nyoman Parta Desak Aparat Kepolisian Usut Tuntas Kasus Tewasnya Mahasiswa STIP

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Bali, I Nyoman Parta meminta aparat kepolisian mengusut tuntas tewasnya mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Putu ...
Berita

Ini Kata Anies Soal Beredar Partai Perubahan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anies Baswedan membantah adanya tawaran untuk pembuatan partai. Beredar di sosial media rencana pembentukan partai perubahan dengan logo burung hantu. Dari foto yang ...