Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 08 Agu 2017 - 05:59:20 WIB
Bagikan Berita ini :

BPS: Daya Beli Masyarakat Masih Kuat

57bpslagi.jpg
Suhariyanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menilai daya beli masyarakat masih baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda perlemahan setelah konsumsi rumah tangga pada triwulan II-2017 tercatat tumbuh cukup signifikan.

"Konsumsi rumah tangga tumbuh 4,95 persen pada triwulan II-2017, ini membuktikan bahwa daya beli masyarakat masih kuat," kata Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (7/8/2017).

Suhariyanto mengatakan, konsumsi rumah tangga pada periode ini terbantu oleh fenomena Ramadhan dan Idul Fitri yang berlangsung secara penuh pada triwulan II-2017 dan libur sekolah sebelum tahun ajaran baru.

"Selain itu, konsumsi juga terbantu oleh banyaknya hari libur hingga 39 hari dalam periode ini," ujarnya.

Suhariyanto menambahkan, komponen yang memberikan kontribusi terhadap konsumsi rumah tangga adalah makanan dan minuman, restoran dan hotel, kesehatan dan pendidikan serta transportasi dan komunikasi.

Menurut dia, semuanya masih tumbuh, tidak ada yang negatif, makanan minuman tumbuh 5,24 persen, restoran dan hotel tumbuh 5,87 persen. Hanya, memang yang non food sedikit terkoreksi dan tumbuh agak lambat sedikit.

Suhariyanto menjelaskan, konsumsi rumah tangga pada triwulan II-2017 juga tumbuh sedikit lebih baik dari triwulan sebelumnya yang tumbuh 4,94 persen. Dibandingkan triwulan I-2017 konsumsi rumah tangga juga masih lebih tinggi sedikit.

"Kalau dibandingkan year on year memang ada perlambatan, tapi 4,95 persen masih tumbuh signifikan," katanya.

Sebelumnya, BPS mencatat, pada triwulan II-2016, konsumsi rumah tangga tercatat tumbuh mencapai 5,07 persen. Secara keseluruhan, konsumsi rumah tangga masih memberikan kontribusi terbesar pada struktur PDB pada triwulan II-2017 yaitu mencapai 55,61 persen, diikuti pembentukan modal tetap bruto 31,36 persen dan ekspor 19,1 persen. (Ant/icl)

tag: #bps  #daya-beli  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Djoko Tjandra Mulai Rasakan Rutan Salemba

Oleh Rihad
pada hari Jumat, 07 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Bareskrim Polri telah merampungkan pemeriksaan terhadap terpidana kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra. Atas hal itu, Bareskrim pun ...
Berita

Tujuh Rumah Sakit BUMN Dilebur Jadi Holding

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pertamedika IHC melakukan penandatangan akta jual beli dengan tujuh BUMN pemilik Rumah Sakit BUMN dalam rangka pembentukan holding rumah sakit BUMN yang diadakan di ...