Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 15 Agu 2017 - 13:24:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Melihat Kesiapan Pembentukan Densus Tipikor, Komisi III Kunjungi Polda Maluku

31Desmond-j-mahesa-polda-bengkulu.JPG
Desmond J Mahesa saat mengunjungi Polda Bengkulu, Rabu (9/8/2017) (Sumber foto : Istimewa)

AMBON (TEROPONGSENAYAN)--Komisi III DPR RI melakukan kunjungan kerja melihat kesiapan Polda Maluku membentuk Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor).

Kunjungan itu merupakan tindak lanjut rapat Komisi III DPR dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian beberapa waktu lalu soal rencana pembentukan.

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa mengatakan, pihaknya mendorong agar Polri segera membentuk Densus Tipikor dengan anggaran dan kewenangan khusus. Hal itu ia sampaikan usai pertemuan di kantor Kapolda Maluku di Ambon, Rabu (9/8/2017).

Terkait hal tersebut, anggota Komisi III Fraksi PDIP Ahmad Basarah mengatakan, dorongan tersebut diberikan agar Pemerintah maupun Polri menelaah apakah Densus Tipikor memang dibutuhkan atau tidak untuk mengusut kasus tindak pidana korupsi.

Namun menurutnya, jika pembentukan Densus Tipikor terlaksana, maka Densus Tipikor tidak bisa langsung otomatis dijalankan. Selanjutnya masih harus dikonsultasikan dengan beberapa Kementerian dan lembaga terkait juga melakukan roadmap dan tata aturan yang berlaku dari pembentukan Densus Tipikor tersebut.

Menurut dia, dalam Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dijelaskan bahwa pembentukan KPK karena institusi penegak hukum seperti Kepolisian dan Kejaksaan belum optimal dalam menangani kasus perkara tindak pidana korupsi. Namun selama kurun waktu 15 tahun KPK berdiri, KPK juga masih belum optimal dalam melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Politikus PDIP itu juga menjelaskan wacana pembentukan Densus Tipikor Polri juga bukan dalam rangka melemahkan KPK atau upaya pembubaran KPK. Namun justru untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kepolisian untuk menangani kasus tindak pidana korupsi.

Ia justru berharap jika Densus Tipikor ini bisa sinergi dengan KPK dalam penanganan kasus korupsi. Karenanya, semangat wacana pembentukan Densus tersebut untuk menelaah apakah saat ini Polri layak dipercaya untuk membentuk Densus Tipikor. (yn)

tag: #densus-tipikor  #komisi-iii  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...