Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 21 Agu 2017 - 16:56:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Partai Komunis Vietnam ke Indonesia, Istana: Itu Hal Biasa

79johan-budi.jpg
Johan Budi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Istana Kepresidenan RI tidak mempermasalahkan rencana kunjungan pejabat Partai Komunis Vietnam (PKV) dan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

"Pejabat partai yang berkuasa di sebuah negara kemudian melakukan kunjungan ke negara lain itu kan hal biasa dalam berhubungan dengan negara lain, itu biasa dalam pergaulan internasional," kata juru bicara Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan RI Jakarta, Senin (21/8/2017).

Menurut dia, tidak ada yang perlu diklarifikasi karena merupakan kunjungan biasa yang dilakukan pejabat satu negara ke negara lain.

"Di sebuah negara itu kan ada partai-partai yang mayoritas. Kayak di Indonesia kan dulu ada partai berkuasa kan biasa waktu itu, pejabatnya melakukan kunjungan ke mana," kata Johan.

Ia menyebutkan Indonesia dikunjungi pejabat dari partai berkuasa dari negara lain tidak hanya terjadi pada masa pemerintahan Jokowi tetapi sebelumnya juga ada.

"Sebetulnya apa yang dipersoalkan saya juga tidak tahu," katanya.

Sebelumnya diberitakan Otoritas tertinggi Vietnam, yaitu Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam (PKV) Nguyen Phu Trong akan berkunjung ke Indonesia pada 22-24 Agustus 2017 dan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

Sekjen Nguyen Phu Trong berkunjung ke Indonesia dengan didampingi menteri-menteri terkait dan pelaku bisnis Vietnam, kata Direktur Jenderal Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri Desra Percaya di Jakarta, Senin.

Otoritas tertinggi Vietnam itu selama kunjungannya di Indonesia akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada 23 Agustus 2017.

Selain itu, Sekjen Phu Trong juga direncanakan bertemu dengan pimpinan MPR, DPR, dan DPD RI, serta berbicara pada forum bisnis dan akademis.

Desra menyebutkan bahwa kunjungan Sekjen PKV itu bertujuan meningkatkan kerja sama Indonesia-Vietnam di berbagai bidang, terutama kerja sama di bidang maritim, perikanan, perdagangan, investasi, serta isu-isu kawasan.

Dia mengatakan bahwa kunjungan Sekjen PKV ke Indonesia kali ini penting untuk beberapa alasan, yang salah satunya adalah karena Vietnam saat ini menjabat sebagai Ketua APEC dan akan menyelenggarakan Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC pada 11-12 November 2017 di Da Nang, Vietnam.

"Vietnam mengundang Presiden RI dan sangat mengharapkan kehadiran beliau di Da Nang. Agenda Indonesia di APEC adalah mendorong roadmap pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan," ujar Desra.(yn/ant)

tag: #komunisme  #partai-komunis  #pki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 15 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...
Berita

Telkom Berkomitmen Bantu Masyarakat Hadapi Era Ekonomi Digital

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku salah satu perusahaan digital telco terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk turut serta membantu masyarakat dalam ...