Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 21 Agu 2017 - 21:01:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Penunggak Rusun Bakal Diusir, Syarif: Jangan Sadis

21syarif_gerindra_dki.jpg
Syarif (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--DPRD DKI menilai rencana Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengusir warga yang tak mampu membayar sewa rusun menyakiti perasaan rakyat.

Pasalnya, keputusan tersebut dilakukan tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dahulu terhadap kondisi penghuni rusun.

"Mereka (penghuni rusun) itu kan kebanyakan korban penggusuran, masa sekarang mau digusur lagi. Mereka dua kali digusur dong, apa tidak sadis itu namanya?," kata Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Syarif di gedung DPRD DKI, Senin (21/8/2017).

Politisi Partai Gerindra ini menyarankan agar Djarot mengunjungi langsung penghuni rusun untuk berdialog terlebih dahulu dengan mereka.

"Sebaiknya ditanya dulu, apakah mereka memang berniat tidak baik dengan tidak mau membayar sewa rusun, atau memang mereka benar-benar tidak memiliki uang untuk membayar," ungkapnya.

"Kalau memang penghuni rusun ada yang nakal dengan tidak mau membayar, boleh mereka disikapi dengan tegas. Namun sepengetahuan kami di DPRD, para penghuni rusun itu ekonominya lagi sulit," beber Syarif.

Apalagi, tambah Syarif, semenjak dipindah ke rusun banyak warga yang tadinya memiliki penghasilan dari berjualan kecil-kecilan atau sebagai buruh cuci, pemulung dan pekerjaan non formal lainnya menjadi tidak bisa bekerja lagi.

"Lingkungan rusun tidak memungkinkan bagi penghuni untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan tersebut.Harusnya persoalan ini yang diselesaikan, bukan main usir begitu saja," ujar Syarif.

Syarif menambahkan, DPRD juga berencana memanggil instansi terkait di Pemprov DKI Jakarta, untuk menjelaskan masalah tersebut. Pihaknya juga bakal menghadirkan perwakilan para penghuni rusun dalam pertemuan.

"Dalam waktu dekat, kami akan panggil semua pihak dan SKPD terkait," tandasnya.(yn)

tag: #dki-jakarta  #dprd-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...