Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 08 Sep 2017 - 11:23:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Ditekan Internasional, Ini Jawaban Aung San Suu Kyi

58aungsansyukyi.jpg
State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi (Sumber foto : ist)

YANGON (TEROPONGSENAYAN)--Setelah mendapat tekanan internasional tentang pembantaian etnis Muslim Rohingya, di wilayah Rakhine, akhirnya State Consellor Myanmar Aung San Suu Kyi bicara. Dia menyatakan pemerintahannya telah berbuat sebaik-baiknya dalam melindungi semua pihak di Rakhine.

Hanya saja, dia tidak menyinggung bahwa 18.000 warga Rohingga per hari meninggalkan negara bagian ini untuk mengungsi ke Bangladesh.

Suu Kyi tidak menyebut khusus minoritas Rohingya yang dikagetkan oleh serangan pemberontak pada 25 Agustus dan aksi balasan militer setelahnya, Dia hanya menyatakan bahwa pemerintahannya tengah berusaha sebaik-baiknya untuk melindungi semua warga negara.

Barat mengkritik Suu Kyi karena bungkam soal 1,1 juta warga Rohingya yang terus-terusan dipinggirkan dan dianggap Myanmar sebagai imigran gelap dari Bangladesh. Beberapa di antaranya menyerukan pencabutan Hadiah Nobel Perdamaian yang dia dapat pada 1991.

"Kami harus melindungi semua warga negara, kami harus melindungi siapa pun orang yang ada di negara kami, tak peduli mereka warga negara kami atau bukan," kata Suu Kyi kepada Asian News International seperti dikutip Reuters.

"Tentu saja, sumber daya kami tidak sesempurna dan selayak yang kami inginkan, namun tetap kami berusaha sebaik-baiknya dan kami ingin memastikan semua orang mendapat perlindungan hukum," kata dia sewaktu dikunjungi Perdana Menteri India Narendra Modi.

Sebelumnya Suu Kyi mengambinghitamkan "teroris" atas gelombang misinformsi di Rakhine tanpa sekali pun menyinggung Rohingya yang kabur dari daerah itu.

Dia ditekan negara-negara muslim dan pekan ini Dewan Keamanan PBB serta Sekjen PBB Antonio Guterres mengingatkan ada pembersihan etnis di Myanmar yang bisa mendestabilisasi kawasan. (plt/ant)

tag: #myanmar  #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Perkuat Cybersecurity Indonesia, Telkom bersama F5, Kokohkan Kemitraan Strategis

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjawab kebutuhan terhadap layanan keamanan digital yang terus meningkat di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerja sama strategis dengan F5, ...
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...