Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 30 Sep 2017 - 13:39:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Teryata Hakim Cepi Iskandar Sering Diadukan ke KY

36cepi.jpg
Cepi Iskandar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sejak tahun 2014, Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Cepi Iskandar yang menangani gugatan praperadilan Ketua DPR Setya sering diadukan ke Komisi Yudisial (KY). Setidaknya sudah ada lima laporan yang diterima KY terkait Hakim Cepi Iskandar.

"Pertama, tahun 2014 di Pengadilan Negeri Purwakarta," kata Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari dalam sebuah diskusi bertajuk Golkar Pasca Putusan Praperadilan di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2017).

Saat itu, laporan diteruskan ke Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung. "Bawas yang menyelesaikan, ini kelihatannya aspek non yudisial," tuturnya.

Kemudian, tahun 2015 di Pengadilan Negeri Depok. Pihak yang melaporkan merasa keberatan atas pertimbangan, penafsiran Hakim Cepi Iskandar. Namun, saat itu dugaan kode etik Cepi Iskandar tidak terbukti.

Lalu, tahun 2016 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait praperadilan. Saat itu pula Cepi Iskandar dianggap tidak terbukti melanggar kode etik.

"Nah yang sekarang ini, tahun 2017 adalah untuk praperadilan dan perkara perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, masih dalam proses pembahasan," ungkapnya.

Diketahui, hakim tunggal Cepi Iskandar mengabulkan permohonan praperadilan Setya Novanto. Status tersangka yang disandang Novanto di KPK pun digugurkan.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian," ucap hakim Cepi membacakan amar putusannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017).

Cepi menilai penetapan tersangka harus dilakukan di akhir tahap penyidikan suatu perkara. Hal itu harus dilakukan untuk menjaga harkat dan martabat seseorang. (icl)

tag: #komisi-yudisial  #kpk  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ingin Berobat dan Mengurus Pesantren, Bupati Bener Meriah Mundur

Oleh Rihad
pada hari Sunday, 24 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Tgk Sarkawi menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, yang diumumkan kepada masyarakat pada saat pelaksanaan ibadah ...
Berita

Pasien yang Lolos dari Wisma Atlet Ditemukan di Tasikmalaya Sedang Naik Motor

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Tim gabungan berhasil mengevakuasi pasien positif COVID-19, Kamis 21 Mei 2020  pukul 01.15 WIB. Kejadiannyai  berada di cek poin Pos Pengamanan Operasi Ketupat ...