Jika Ikut Pilkada Anggota Polri Harus Mundur
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 12 Okt 2017 - 16:29:26 WIB

Bagikan Berita ini :

8kapolri_20161122_090558.jpg
Sumber foto : Dok Istimewa
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Sejumlah perwira Polri dikabarkan akan berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2018. Menuju tahun politik itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pun mengimbau kepada para perwiranya yang telah yakin mencalonkan diri agar segera mengundurkan diri.

"Kalau sudah yakin lebih baik mengundurkan diri," ujar Tito di Gedung DPR RI, Kamis (12/10).

Tito mengungkapkan, dia belum mengetahui secara pasti siapa saja anggota Polri yang dipastikan akan mengikuti kontestasi Pilkada 2018 itu. Namun, diketahui Komandan Korps Brimob Polri Inspektur Jenderal Polisi Murad Ismail akan mengikuti Pilgub Maluku.

Tito menjelaskan, secara regulasi, penetapan yang akan mendaftar sebagai calon kepala daerah jatuh pada awal Februari 2018. Sebelum tanggal tersebut, anggota Polri masih diperkenankan bertugas sebagai anggota Polri. "Kalau yakin (mencalonkan diri), as soon as possible yakin ya mundur saja," kata dia.

Tito berharap, dengan adanya pencalonan diri para anggotanya itu tidak menyebabkan terjadinya konflik kepentingan. Dia pun memastikan, sesuai instruksi Presiden, maka Polri dalam pemilu harus netral. "Mengamankan, bukan memenangkan," ujar Tito. (aim)

tag: #  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING