Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 13 Okt 2017 - 08:15:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Panglima Militer Myanmar Terang- terangan Tak Akui Muslim Rohingya

82panglimamilitermyanmarminaunghlaing.jpg
Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing (Sumber foto : ist)

YANGON, MYANMAR (TEROPONGSENAYAN)--Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing secara terang-terangan tidak mengakui muslim Rohingya sebagai warga asli Myanmar. Pernyataan itu dia lontarkan saat bertemu dengan dengan Duta Besar Amerika Serikat, di Yangon, Myanmar.

Min Aung Hlaing menampik tuduhan pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) atas etnis Rohingya. Bahkan, dalam akun facebooknya, dia menuding media telah melebih-lebihkan jumlah pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.

Min Aung Hlaing memberikan laporannya tentang krisis pengungsi Rohingya, kepada delegasi berbagai negara dalam pertemuan dengan Dubes AS Scot Marciel.

Jenderal ini adalah orang paling kuat di Myanmar. Sikapnya yang tak mengenal kompromi mengindikasi dia kurang sensitif terhadap citra militer dalam krisis yang menarik kutukan dunia dan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan mengenai transisi demokrasi di bawah Peraih Hadiah Nobel Aung San Suu Kyi.

Min Aung Hlaing yang menyebut Rohingya dengan "Bengali" mengatakan kolonialis Inggris bertanggung jawab atas masalah itu.

"Orang-orang Bengali tidak dibawa ke negeri ini oleh Myanmar, tetapi oleh kaum kolonialis," kata dia kepada Marciel.

"Mereka bukan pribumi," ujarnya. (plt/ant)

tag: #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...