Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 13 Okt 2017 - 13:54:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilgub Sulsel, Rivai Ras Disebut Berikan Harapan Baru

17tni.jpg
Rivai Ras (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Direktur Fokus Survei Indonesia (FSI) Ziyad Falahi mengungkapkan sosok baru Rivai Ras memberikan harapan baru terhadap kemajuan daerah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ziyad mengatakan sosok Rivai Ras meski pendatang baru dalam kancah perpolitikan di Sulawesi Selatan tetapi berkibar dan mendapat tempat di hati masyarakat. Hal ini didasari dengan kekecewaan masyarakat terhadap para pejabat atau mantan pejabat daerah yang dinilai hanya tebar pesona dan mengingkari janji-janjinya saat kampanye.

"Tingginya pilihan masyarakat terhadap Rivai Ras yang merupakan tokoh baru dalam Politik Sulsel ternyata alasan masyarakat Sulsel yang diwakili oleh responden menyatakan Kalau mereka sudah tidak percaya dengan tokoh-okoh Politik lama," ujar Ziyad, di Jakarta Jumat (13/10/2017).

Lanjutnya, hasil survei yang dilakukan pihaknya sejak 27 September sampai dengan 7 Oktober 2017 untuk melihat tokoh-tokoh yang akan maju dalam Pilgub Sulawesi Selatan, menunjukkan hasil diluar dugaan dan sangat fenomenal.

Jawaban publik menunjuk nama Rivai Ras, sebagai tokoh yang paling banyak dipilih oleh 22,4 persen dari 1667 responden, urutan Kedua Nurdin Abddullah 16,1 persen, Agus Arifin Nu'Mang 11,3 persen, Akbar Faisal 9,3 persen, Ichsan Yasin Limpo 7,2 persen, Nurdin Halid 6,2 Persen, Azis Kahar Muzakar 5,1 persen dan yang belum memilih 22,4 persen.

"Pemberitaan media massa ,medsos dan gambar gambar di baleho merupakan sebuah stimulus bagi organism/masyarakat Sulsel untuk merespon dan memberikan sikap dan pendapat pada tokoh-tokoh yang gambar dan pemberitaan nya di media massa, medsos maupun baliho," tandasnya.

Dalam jajak pendapat publik Sulawesi Selatan ini, FSI melibatkan1.667 warga yang memiliki KTP Sulawesi Selatan dan memiliki hak pilih pada saat Pilgub digelar nanti. Penentuan 1.667 warga Sulsel sebagai sampling berdasarkan total Pemilih Pada Pilgub Sulsel sebanyak -/+ 6,8 juta pemilih dengan Metode "Multistage Random Sampling". Sample ditentukan secara proposional dan mengunakan nilai tingkat kepercayaan Survei sebesar 95% dan Margin of Error sebesar 2,4 persen.

Dari hasil penelitian "Jajak Pendapat Publik Sulawesi Selatan" beberapa respon dan sikap Warga Sulawesi Selatan terhadap para tokoh yang diuji dalam penelitian ini dan respon berupa pendapat warga terhadap Gubernur yang akan terpilih mengantikan Syahrul Yasin Limpo .

Dari penelitian data data pertanyaan kuisioner yang sudah ditabulasi didapati bahwa, warga Sulawesi Selatan yang terwakili oleh 1.667 Warga Sulsel sebanyak 47,3 % , acuh tak acuh terhadap Pilgub 2018. Sedangkan 14,3 % sangat antusias ,Dan sisanya 38,4 persen biasa biasa saja.

Warga Sulsel dalam memilih tokoh untuk kepala daerah, sebanyak 44,5 persen responden menilai politik uang sebagai hal yang wajar. Sebanyak 51,9 persen mengaku tidak bisa menerima politik uang, dan 3,6 persen tidak menjawab politik uang tersebut berupa sembako dan uang yang diberikan oleh para calon gubernur nantinya.

Dari 44,5 persen responden yang mengaku bisa menerima politik uang, ketika ditanyakan kepada mereka apakah akan menerima uang atau barang yang diberikan. Hasilnya, sebanyak 65,7 persen mengaku akan menerima, tetapi memilih calon berdasarkan hati nuraninya.

Adapun sebanyak 16,4 persen mengaku akan menerima dan memilih calon yang memberikan uang atau barang. Sebanyak 9,3 persen akan menerima, tetapi memilih calon yang memberi uang lebih baik. Hanya 4,3 persen yang mengaku tidak akan menerima pemberian, dan 4,3 persen tidak menjawab. (icl)

tag: #pilkada-sulsel-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement