Berita
Oleh Sahlan pada hari Senin, 16 Okt 2017 - 13:43:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapolri Bantah Densus Tipikor untuk Menyaingi KPK-Kejagung

84Tito-Agus-rahardjo-prasetyo.jpg
(ki-ka) Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua KPK Agus Rahardjo dan Jaksa Agung HM Prasetyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisi III DPR menggelar rapat gabungan dengan KPK, Kejagung dan Polri. Dalam kesempatan tersebut, Kapolri Jenderal Tito Karnavian membantah bahwa wacana pembentukan Densus Tipikor untuk menyaingi KPK dan Kejagung.

"Saya tegaskan bahwa kehadiran Densus Tipikor Polri bukan menegasikan rekan-rekan penegak hukum lain, bukan untuk menyaingi KPK dan Kejaksaan. Namun kasus korupsi sangat luas sehingga bisa bagi tugas," kata Tito dalam rapat gabungan tersebut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Tito pun menawarkan dua metode kerja Densus Tipikor, sehingga kerja pemberantasan korupsi bisa efektif dan efisien.

"Pertama, dibentuk satu atap dengan jaksa penuntut umum, sehingga kepemimpinannya bukan dari Polri, namun kami usulkan satu perwira tinggi bintang dua dari kepolisian, satu dari kejaksaan dan satu dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," terangnya.

Dengan metode pertama itu, lanjut Tito, kekuatan di pimpinan bukan subordinat, namun kolektif kolegial dan sulit diintervensi.

Metode kedua, menurut Tito, tidak perlu satu atap namun seperti Densus 88 Antiteror, dipimpin perwira tinggi Polri berbintang dua.

"Namun di kejaksaan ada satgas khusus sehingga bisa koordinasi dalam pemberantasan korupsi. Seperti Densus 88, sudah ada Satgas penuntutan di Kejaksaan tujuannya agar tidak ada bolak balik perkara ketika berkas selesai," ujarnya.(yn)

tag: #densus-tipikor  #kejagung  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...