Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 29 Okt 2017 - 13:58:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Setelah Lihat Meikarta, Luhut Bakal Jadikan Cikarang Kawasan Ekonomi Khusus

80luhut.jpg
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (Sumber foto : ist)

CIKARANG (TEROPONGSENAYAN)--Kehadiran mega proyek Kota Baru Meikarta meningkatkan dinamika perekonomian kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah akan mengkaji pembentukan Cikarang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Luhut mengakui, kajian dilakukan setelah melihat pertumbuhan ekonmi di kawasan Cikarang, terutama saat Lippo Grup membangun Kota Baru Meikarta.

"Kami akan mengkaji apakah daerah sepanjang 10 km ini bisa kita buat integrated (kesatuan) industri dan kawasan, sehingga dengan demikian memberikan kemudahan," ujar Luhut saat menghadiri topping off dua tower di kawasan CBD Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/10/2017).

Kajian itu, kata Luhut, akan mempelajari apakah Cikarang memenuhi syarat sebagai KEK. Namun demikian, dia optimistis kawasan Cikarang akan memenuhi persyaratan tersebut.

Luhut berjanji dalam satu bulan ke depan kajian tersebut segera dikeluarkan oleh pemerintah.

"Nanti kami akan kaji. Hari senin kami akan rapat, posisi daerah bagaimana, sehingga satu bulan kita segera putuskan untuk menjadikan KEK," tegasnya.

Luhut menambahkan, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan agar koridor Jakarta-Bandung dijadikan sebagai kawasan yang terhubung dan ekonominya tumbuh.

Pembangunan Meikarta, kata Luhut, dapat mendukung intergasi Jakarta-Bandung yang dapat menguntungkan banyak pihak.

"Jakarta atau Jawa ini sudah dipikrikan Presiden dan sudah memberikan arahan untuk membuat integrasi Jakarta-Bandung. Kita akan lihat Pulau Jawa akan menjadi satu kota sendiri dalam 45 tahun ke depan. Agar itu terjadi, maka desain transportasi, pemukiman, air serta lainnya harus segera dipikirkan dan dilakukan mulai sekarang," jelasnya. (plt)

tag: #proyek-meikarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...