Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 09 Nov 2017 - 14:12:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Duh, 300 Hektare Lahan Tanaman Cabai Kena Gusur Pembangunan Bandara

8cabai.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat lahan tanaman cabai seluas 300 hektare dengan produksi sekitar 2.700 ton per tahun di Kecamatan Temon hilang karena digunakan untuk pembangunan New Yogyakarta International Airport.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Eko Purwanto mengatakan produksi cabai di Kulon Progo mencapai 19 ribu ton per tahun, 20 persennya disumbang dari wilayah Kecamatan Temon.

"Di Kecamatan Temon, luas lahan pertanian yang alih fungsi lahan seluas 800 hektare, 300 hektare merupakan lahan hortikultura dengan komoditas cabai," katanya di Kulon Progo, Kamis (9/11/2017).

Ia mengatakan produktivitas tanaman cabai di Kecamatan Temon mencapai sembilan ton per hektare. Artinya, dengan luas lahan hortikultura seluas 300 haktare, dan produktivitas produksi sembilan ton per hektare, maka Kulon Progo kehilangan produksi cabai sekitar 2.700 ton per tahun.

"Mulai tahun ini, Kabupaten Kulon Progo kehilangan produksi cabai 2.700 ton per tahun karena pembangunan bandara," kata Eko.

Dia mengatakan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak atas kehilangan potensi produksi cabai setiap tahun. Bandara merupakan program nasional, dan untuk kepentingan umum. "Kami tidak bisa berbuat banyak, kami mencari lokasi lain dengan pemanfaatkan lahan marginal supaya ditanami cabai," katanya.

Kepala Seksi Produksi Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Agus Purwoko mengatakan saat ini, lahan hortikultura untuk komoditas cabai mulai berkembang di Kecamatan Nanggulan, Kalibawang, Lendah, dan Girimulyo. Dari sisi luas tanam, mampu mengganti luas lahan seluas 300 hektare yang hilang karena terdampak bandara. Namun, produktivitas tanaman cabai di wilayah itu belum setinggi di Kecamatan Temon.

"Petani di Kecamatan Nanggulan, Kalibawang, Lendah dan Girimulyo mulai menanam cabai. Namun produktivitas masih rendah. Petani yang menanam cabai di wilayah itu masih pemula, jadi produksinya belum maksimal," kata Agus. (Ant/icl)

tag: #cabai  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement