Ragam
Oleh M Anwar pada hari Senin, 20 Nov 2017 - 11:25:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Berkaca dari Kasus Setya Novanto, Ini yang Mungkin Membuatnya Pingsan

32setnov-sakit.jpeg
Setnov perlu waspada terhadap beberapa penyakit lain yang mungkin bisa saja menyerang dirinya secara tiba-tiba (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- KASUS Setya Novanto menyita perhatian publik Indonesia. Pasalnya, selain kejanggalan kecelakaan yang terjadi, kondisi Setnov pun menjadi bahan diskusi banyak orang.

Salah satu yang menarik dibahas adalah pingsannya Setnov tak lama setelah mobil yang membawanya menabrak tiang listrik di daerah Permata Hijau, Jakarta Selatan, Senin (20/11/2017).

Dijelaskan pengacara Setnov, Fredrich Yunandi, setelah kecelakaan terjadi, kliennya itu sempat pingsan dalam kondisi bagian kepala yang luka parah. Selain itu, ada fakta menarik yang diucapkan Fredrich. "Setnov punya riwayat tekanan darah tinggi sampai angkanya 190," ucapnya pada awak media di RS Permata Hijau, Jakarta Selatan, tak lama setelah Setnov berhasil dilarikan ke rumah sakit.

Nah, berkaca dari angka tensi Setnov, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konseling dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP (K), FIHA, seseorang yang punya tekanan darah tinggi, apalagi di atas 180, tentunya punya risiko serangan jantung.

Selain itu, kondisi yang dialami Setnov adalah kondisi mendadak. Jadi, perubahan tekanan darah yang tinggi secara tiba-tiba tentunya memungkinkan untuk dia pingsan.

"Selain itu, bisa jadi risiko gejala serangan jantungnya itu muncul. Apalagi ditambah dengan gejala serangan jantung lainnya yang mungkin saja terjadi saat peristiwa kecelakaan," paparnya.

Dr. Ario melanjutkan, karena dirinya tidak bisa mengecek langsung bagaimana kondisi Setnov, jadi sebetulnya banyak faktor lainnya yang sampai membuat dirinya pingsan.

Yang jelas, sambung dr. Ario, kondisi yang dialami Setnov, yaitu memiliki tensi darah 190 dan punya riwayat sesak napas, itu sangat memungkinkan baginya mengalami serangan jantung.

Dr. Ario menambahkan, Setnov perlu waspada terhadap beberapa penyakit lain yang mungkin bisa saja menyerang dirinya secara tiba-tiba juga, seperti gagal jantung akut. "Yang jelas, kalau kondisi tersebut sudah terjadi, dia memang harus segera mendapat penanganan dokter," imbuhnya. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...