Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 21 Nov 2017 - 13:33:53 WIB
Bagikan Berita ini :
Terindikasi Langgar Sumpah Jabatan

MKD: Pergantian Setnov Sebagai Ketua DPR Bisa Dilakukan

68setyaNovanto2.jpg
Ketua DPR Setya Novanto (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Mahkamah Dewan (MKD) DPR RI Syarifudin Sudding menyatakan, Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) terindikasi melanggar sumpah jabatan.Oleh karenanya, sesuai ketentuan di UU MD3 Setnov bisa diganti dari posisinya sebagai Ketua DPR.

Sekjen DPP Partai Hanura itu melihat adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh Setnov setelah ditahan KPK pada Minggu (19/11/2017).

"Kalau boleh saya katakan bahwa dengan ditahannya yang bersangkutan (Setya Novanto) kuat indikasi bagi kita di MKD bahwa telah terjadi pelanggaran sumpah dan jabatan, janji seorang ketua pimpinan dewan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya itu," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (21/11/2017).
.
Suding menambahkan, sesuai aturan UU MD3 pergantian Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI bisa dilakukan.

"Sesuai dengan amanat yang diatur dalam UU MD3 pasal 87 dan dan Tatib DPR pasal 37. Itu alasan dilakukan pergantian," tandasnya.

Sementara itu, Suding menyatakan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan memanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna mendalami dugaan pelanggaran kode etik oleh Setnov.

Pemanggilan itu dilakukan jika tidak ada masyarakat yang memberikan laporan dugaan pelanggaran kode etik Setya Novanto ke MKD.

"Setiap MKD menerima satu kasus selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk diminta keterangannya. Bisa saja nanti kita meminta keterangan KPK," ujar Sudding. (plt)

tag: #mkd  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...