Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 29 Nov 2017 - 21:07:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Cuaca Ekstrem di Selatan Pulau Jawa Tewaskan 19 Orang

15cuacaekstrem.jpg
Ilustrasi Cuaca Ekstrem (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 19 tewas akibat cuaca ekstrem siklon tropis Cempaka yang melanda bagian selatan Pulau Jawa.

Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan di Jakarta, Rabu (29/11/2017) mengatakan, dampak siklon tropis Cempaka telah menyebabkan bencana banjir, longsor dan puting beliung di wilayah Jawa.

"Dampak bencana banjir dan longsor menyebabkan 19 orang meninggal dunia. Dari 19 orang meninggal dunia tersebut empat orang adalah korban banjir dan 15 orang korban longsor," kata dia.

Dia mengatakan 19 orang yang tewas itu terdiri atas 11 orang di Pacitan, 3 di Kota Yogyakarta, 1 di Bantul, 1 di Gunung Kidul, 2 di Wonogiri dan 1 orang di Wonosobo.

Banjir, kata dia, masih merendam di beberapa tempat seperti di Pacitan, Magetan, Wonogiri, Klaten dan lainnya.

Dia mengatakan pencarian dan penyelamatan korban longsor di Pacitan masih dilakukan. Beberapa daerah di Pacitan masih terendam banjir dan terisolir karena jalan tertutup longsor.

"Bupati Pacitan telah menetapkan tanggap darurat banjir dan longsor. Kebutuhan mendesak adalah perahu karet, alat berat, makanan siap saji, selimut, peralatan kebersihan lingkungan dan sebagainya," kata dia.

Yogyakarta, Wonogiri, Pacitan dan Ponorogo, lanjut dia, adalah daerah yang paling terdampak karena berjarak paling dekat dengan siklon tropis Cempaka.

Sutopo mengatakan di Wonogiri banjir meluas di 18 kecamatan. Terdapat 68 lokasi bencana banjir dan longsor yang menewaskan korban longsor.

Sementara itu, bencana di Yogyakarta yaitu banjir di 84 titik, sedangkan longsor di 93 titik dan puting beliung di 116 titik.

"Penanganan darurat terus dilakukan. BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, Tagana, PMI, NGO, relawan dan masyarakat masih melakukan penanganan darurat. BNPB terus hadir mendampingi BPBD," kata dia. (plt/ant)

tag: #cuaca  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dilantik Jadi Kapolri, Ini PR Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis di Istana Negara, Rabu ...
Berita

KPK Mulai Periksa Petinggi PDIP Terkait Korupsi Bansos

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) di Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menyasar elite di PDIP. Salah satunya anggota Komisi II DPR Ihsan Yunus yang telah dipanggil ...