Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 10 Des 2017 - 06:11:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Selama Jokowi Presiden, Makin Banyak Masyarakat Lakukan Penghijauan

98(KabinetKerja)SitiNurbayaII.jpg
Siti Nurbaya (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

KIDUL (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan inisiatif masyarakat untuk ikut melakukan penanaman pohon merupakan modal sosial yang harus terus didorong oleh pemerintah.

"Menurut saya ini merupakan modal sosial yang harus terus kita dorong. Dan juga oleh sesama masyarakat, aktivis, akademisi, begitu juga dunia usaha ikut mendukung," kata Siti Nurbaya di Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Sabtu (9/12/2017).

Hal itu disampaikan pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017 di Desa Karangasem Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

Menurut Siti Nurbaya, selama periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo, makin banyak aktualisasi dan inisiatif masyarakat yang bermunculan untuk penghijauan. Hal itu, ujar dia, bukan hanya pada penanaman pohon, tetapi juga dalam upaya perbaikan lingkungan lainnya, seperti masalah sampah dan pelaporanan-pelaporan lainnya.

Ia mencontohkan seperti di lokasi penanaman pohon tersebut, inisiatif muncul dari masyarakat setempat yang mengharapkan daerah mereka menjadi hijau dan produktif. Kecamatan Ponjong, Gunung Kidul merupakan daerah kritis, kering dan lahan karst atau batuan kapur. Pada musim kemarau, masyarakat wilayah tersebut sulit mendapatkan air.

"Saya kira modal sosial sudah kuat tinggal dukungan pemerintah yang harus terus menerus. Saya sudah meminta bantuan dari fakultas dan jurusan kehutanan se-Indonesia untuk kita sama-sama mengawal langkah-langkah yang sudah dimulai dengan baik oleh masyarakat," ujar Siti.

Sebab, ujar dia, jika hanya mengandalkan APBN maka tidak akan mudah karena APBN dibutuhkan untuk kebutuhan ekonomi dan infrastruktur. (Ant/icl)

tag: #kementerian-lhk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...