Pengamat Dorong KPK Awasi Munaslub Golkar
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 11 Des 2017 - 20:38:50 WIB

Bagikan Berita ini :

28gedungkpkII.jpg
Sumber foto : Istimewa
Gedung KPK

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Direktur Riset Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum) Indra L Nainggolan mendorong agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut proaktif mengawasi setiap momen pergantian ketua umum partai politik termasuk wacana pergantian ketua umun partai Golkar dalam munaslub.

Demikian disampaikan Indra saat menanggapi perlu atau tidaknya KPK ikut mengawasi pelaksanaan munaslub Golkar nanti.

"Dalam konteks Munaslub Partai Golkar, bukan penyelenggara negara. Namun dalam konteks penyelenggataan pemerintahan yang bersih, infrastruktur politik bisa menjadi bagian yang bisa diawasi oleh KPK," kata Indra saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Tak hanya itu, saran Indra, Partai Golkar harus menginisiasi untuk membentuk fakta integritas setiap calon Ketua Umum.

"Agar tidak melakukan praktik money politic dalam Munaslub," tandasnya.

Yang jelas, kata dia, KPK bisa ikut mengawasi pelaksanaan munaslub partai Golkar sepanjang didalamnya banyak para pejabat negaranya.

"KPK dapat memantau peserta Munaslub dalam konteks sebagai penyelenggara negara seperti anggota DPR, Pejabat Daerah," pungkas dosen Universitas Bhayangkara Jakarta itu. (icl)

tag: #kpk  #partai-golkar  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING