Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 21 Des 2017 - 07:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Menkumham Usul Ahok dapat Remisi Natal

16IMG_2318.JPG
Basuki Tjahaja Purnama (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly mengusulkan terpidana penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendapat remisi Natal sebanyak 15 hari. Saat ini, tervonis kasus penistaan agama tersebut mendekam di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

"Lima belas hari (remisi Ahok-red). Itu masih usulan, tapi hitungannya begitu sesuai aturannya," kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly dalam paparan Refleksi Kemenkumham 2017 di Gedung Kemenkumham Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Yasonna melanjutkan, bila pengajuan remisi dikabulkan, maka ini adalah kali pertama Ahok mendapatkan remisi setelah lebih dari enam bulan mendekam di penjara. Aturan pemberian remisi 15 hari bagi Ahok, kata Yasonna, sudah sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang.

"Kalau inginnya orang-orang kan ada yang minta lebih dari segitu, tapi aturan kita harus semuanya sesuai dengan aturan perundang-undangan," jelasnya.

Saat ini, sambung Yasonna, usulan remisi untuk mantan Bupati Belitung Timur itu masih diproses. Karena sampai saat ini, Kemenkumham masih menunggu proses perhitungan remisi untuk seluruh tahanan lainnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan pidana penjara selama dua tahun terhadap terdakwa Ahok karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penodaan agama pada 9 Mei 2017. Vonis tersebut lebih tinggi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut Ahok pidana penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan dua tahun. (icl)

tag: #menkumham-yasonna-laoly  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...