Ragam
Oleh M Anwar pada hari Senin, 01 Jan 2018 - 08:20:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Manfaat Bersepeda, Salah Satunya Bisa Hilangkan Stres

7bersepedaa.jpg
Manfaat bersepeda. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kurang berolahraga bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Untuk itu, diperlukan beberapa aktivitas kecil seperti berlari, binaraga atau bersepeda.

Khusus bersepeda ternyata olahraga ini memiliki banyak manfaat. Kegiatan bersepeda ini bisa dilakukan setiap pagi atau minimal satu minggu sekali di kala libur. Salah satu manfaat dari bersepeda adalah dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Berikut adalah manfaat lain bersepeda bagi kesehatan.

Menambah kekuatan tubuh.

Saat mengayuh pedal, kaki-kaki Anda akan terlatih khususnya bagian paha depan dan belakang. Kemudian, bersepeda juga dapat melatih otot bagian atas, punggung dan inti.

Melakukan hal tersebut memungkinkan pengendara untuk mempertahankan postur tubuh mereka sambil menjaga keseimbangan pada sepeda.

Peningkatan kekuatan kardiovaskular.

Bersepeda secara teratur dapat meningkatkan kardiovaskular. Berdasarkan studi dariUniversity of Purdue, bersepeda dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen karena dapat meningkatkan detak jantung.

Saat bersepeda detak jantung akan bekerja lebih cepat dari biasanya sehingga mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Meningkatkan energi.

Dengan bersepeda jarak jauh, tubuh otomatis menggunakan energi yang tersimpan dalam jangka waktu lebih lama. Hal ini berpengaruh pada stamina yang lebih tinggi, suasana hati yang lebih antusias, dan kehidupan yang lebih produktif.

Mengurangi stres.

Bersepeda dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh. Endorfin sendiri merupakan zat kimia yang diproduksi oleh tubuh dan memicu perasaan senang, tenang atau bahagia.

Mengayuh sepeda secara berulang merupakan salah satu cara untuk menghilangkan streskarena saat mengayuh dapat menciptakan irama.

Selain itu, saat bersepeda Anda bisa melihat pemandangan sekitar sehingga dapat meredakan stres. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...